Pengangkatan KRI Nanggala 402 dilakukan Kapal ini

timas dsv 1201 akan mengangkat kri nanggala 402

ICONEWSMEDIA.COM – Berita duka yang belum sembuh dari Indonesia yang di timpa beberapa bencana mulai dari awal tahun 2021 membuat bumi pertiwi bersedih lagi. Kapal selam dari Indonesia yang tengah beroperasi, tenggelam dan menimbulkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tak sedikit netizen yang memberikan penghormatan kepada awak KRI yang menjadi korban dengan mengunggah status-status mengenai kejadian ini.

Tenggelamnya KRI Nanggala 402 menjadi headline berita di berbagai media masa. Walaupun jarang terekspos oleh media, tetapi keberadaan Kapal selam ini sangat membantu kedaualtan perairan Indonesia.

Hingga saat ini, korban gugur dari insiden tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402 dikonfirmasi sebanyak 53 pahlawan. Berikut inia adalah daftar nama korban yang beredar menurut beberapa sumber media dari Indonesia :

Letkol Laut (P) Heri Oktavian
Mayor Laut (P) Eko Firmanto
Mayor Laut (T) Wisnu Subiyantoro
Kapten Laut (E) Yohanes Heri
Kapten Laut (P) I Gede Kartika
Lettu Laut (P) Muhadi
Lettu Laut (P) Ady Sonata
Lettu Laut (P) Imam Adi
Lettu Laut (T) Anang Sutriatno
Letda Laut (E) Adhi Laksmono
Letda Laut (P) Munawir
Letda Laut (T) Rhesa Tri
Letda Laut (T) Rintoni
Letda Laut (P) M Susanto
Serka Bah Ruswanto
Sertu Bah Yoto Eki Setiawan
Sertu Ttu Ardi Ardiansyah
Sertu Kom Achmad Faisal
Sertu Kom Willy Ridwan Santoso
Sertu Eko M Rusdiyansyah
Sertu Eki Ryan Yogie Pratama
Sertu Mes Dedi Hari Susilo
Serda Bah Bambang Priyanto
Serda Kom Purwanto
Serda Kom Eko Prasetiyo
Serda Lis Syahwi Mapala
Serda Lis Wahyu Adiyas
Serda Lis Edi Wibowo
Kopda Eta Kharisma D.B
Kopda Tlg Nugroho Putranto
Kopda Mes Khoirul Faizin
Kopda Trb Maryono
Klk Eta Roni Effendi
KLK Eta Distriyan Andy P
KLS Isy Raditaka Margiansyah
KLS Isy Gunadi Fajar R
KLS Nav Denny Richi Sambudi
KLS Mes Muh Faqihudin Munir
KLS Nav Edy Siswanto
Kolonel Laut (P) Harry Setyawan (Non ABK)
Letkol Laut (E) Irfan Suri (Non ABK)
Mayor Laut (E) Whilly (Non ABK)

Baca Juga :   Yandex Browser Video Bokeh Museum

Lokasi kejadian tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402 adalah di utara pulai Bali, yang diduga sementara ini penyebab tenggelamnya KRI Nanggala 402 adalah karena faktor alam, bukan karena kesalahan manusia.

Lautan utara Bali, merupakan posisi transisi antara lautan dangkal dan lautan dalam sehingga membentuk sebuah kontur curam layaknya palung. Sedangkan perariran Utara Bali terdapat palung yang sangat panjang dari Bali hingga Flores dengan kedalaman 700 hingga 900 meter. Palung ini semakin ke timur, kedalamannya semakin naik. Bahkan titik terdalamnya adalah 1,3km berada di bawah permukaan air laut. Sedangkan KRI Nanggala 402 tenggelam pada kedalaman 838 meter di Utara perairan Bali.

Sementara itu operasi pengangkatan kapal selam Nanggala 402 yang tenggelam ini akan dilakukan oleh pemerintah dengan bantuan beberapa elemen. Dai pihak SKK Migas, Dwi Sucipto, pihaknya siap memberikan bantuan atas operasi tersebut. Dwi Sucipto mengklaim bahwa armada milik SKK Migas dipastikan kuat untuk mengangkat kapal yang tenggelam di dasar laut tersebut.

Rencana, KRI Nanggala 402 akan diangkat menggunakan kapal Timas DSV 1201 dimana kapal tersebut merupakan kapal milik PT Timas Suplindo yang merupakan kontraktor perusahaan migas.

Kapal Timas memiliki dimensi yang cukup besar, yakni 162,3 x 37,7 x 16,1 meter yang juga siap beroperasi di kedalaman 3000 meter serta memiliki kecepatan berpindah posisi 15 knot.

Kapal TIMAS DSV 1201 yang dibuat dari tahun 2010 ini dan berbendera Indonesia, akan mengangkat KRI Nanggala 402 yang tenggelam di bulan April 2021.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *