5 Cara memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Cara memulai Bisnis Online Bagi Pemula

ICONEWSMEDIA.COM – Di Era Digital, ada banyak cara meningkatkan omset pribadi dengan cara merintis bisnis online. Karena, seiring berkembangnya teknologi juga membuat banyak orang bisa mendapatkan penghasilan belasan hingga puluhan juta rupiah perbulan, bahkan ada yang lebih besar.

Jika kamu ingin merintisnya, terlebih seorang pemula sebaiknya harus benar-benar mengetahui bisnis online dari nol. Jika kamu yang memiliki rencana untuk memulai berbisnis online, harus membaca baca tips yang akan kami berikan sebagai berikut :

1. Memahami Produk / Jasa yang akan Dijual

Kamu harus benar-benar mengerti dan paham akan seluk beluk produk barang atau jasa yang akan kamu jual. Pengetahuan mengenai produk bisnis nantinya juga berpengaruh pada hasil penjualan.

So, memahami spesifikasi produk yang akan dijadikan bisnis online sangat penting, guna perbandingan dengan spek yang terbaru, caranya kamu bisa melakukan riset keyword melalui google trends sehingga siapapun dapat melihat produk atau jasa apa saja yang menjadi trend bagus saat ini.

2. Melakukan Riset pada Kompetitor

Setelah kamu menentukan jenis produk yang akan kamu jual, langkah selanjutnya yaitu riset terhadap kompetitor. Jangan abaikan cara yang satu ini.

Dengan melihat dan sedikit meneliti kompetitor, maka kamu dapat menentukan langkah strategi pemasaran. Harus melakuan rise caranya melihat beberapa kompetitor yang menjual produk yang sama di toko online seperti tokopedia, shopee, dan lainnya.

Lihatlah soal kualitasnya, harganya, review dari konsumen, sampai ratingnya. Pelajari semua hal dari kompetitor termasuk kelebihan dan kekurangan mereka.

Baca Juga :   Hacken - Bekerjasama dengan Hacker Terbaik di Dunia

Setelah itu kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang sesuai, sehingga tau akan Cara memulai Bisnis Online Bagi Pemula.

3. Tentukan Model Bisnis 

Terdapat beberapa model dalam pemasaran produk bisnis. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika memiliki modal lebih, kamu dapat memasarkannya melalui website milik sendiri dan membeli stok barang dari supplier.

Namun apabila terkendala modal yang belum mencukupi, ada cara lain yang lebih efisien. Model bisnis ini adalah dropship.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok produk. Cukup dengan promosikan produk dari supplier melalui akun media sosial, kamu akan mendapat bayaran setelah produk yang di pasang pada akun media sosial terjual.

Dalam hal ini ada sistem bagi hasil keuntungan antara pihak supplier dengan penjual/kamu sendiri. Itulah model bisnis dropship yang sangat tepat bagi pemula.

4. Membuat Akun Media Sosial atau Website

Ketika menekuni bisnis online, kamu pasti memerlukan tempat untuk menjual produk. Kamu dapat memanfaatkan akun jejaring media sosial atau website sebagai media untuk memasarkan produk.

Dengan memiliki Facebook, Instagram, Twitter kamu bisa menawarkan produk yang kamu jual secara gratis. Walaupun minim budget, jangan pernah meremehkan keberadaan sosial media ya, karena kekuatan sosial media di Indonesia tergolong ramai dan kuat.

5. Memasarkan Bisnis secara Tepat dan Orientasi target

Seberapa baik kualitas produk yang dijual, jika tidak di pasarkan dengan tepat juga akan percuma. Pemasaran produk yang tepat dapat mendongkrak penjualan hingga menghasilkan omset besar. Gunakan teknik SEO pada website, Facebook Ads, Instagram Ads untuk proses promosi produk bisnismu.

Dalam menyiapkan segala kebutuhan cara memulai bisnis online dari nol. Itulah beberapa Cara memulai Bisnis Online Bagi Pemula yang dapat kamu lakukan sebelum menjelanankan bisnis online, semoga bermanfaat. Thanks!

Baca Juga :   Cara Investasi Emas Batangan Antam Untuk Pemula

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *