Definisi dan 4 Kelebihan linux yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan linux

ICONEWSMEDIA.COM – Meskipun penggunaan Linux tidak sepopuler Windows, tetapi sistem operasi tersebut sebenarnya sudah dikenal lantaran memiliki kelebihan lain dibandingkan sistem operasi Windows.

Salah satu kelebihan linux yang terlihat ialah kemudahan untuk dikembangkan. Tidak hanya untuk kebutuhan dekstop, namun dianggap mumpuni untuk server, TV hingga smartphone.

Namun, Linux memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan dan dinilai tidak bisa bersaing. Kelemahan linux adalah dibagian User Interface yang tidak lebih mudah daripada Windows.

Bagi Anda yang tertarik untuk memakai sistem operasi Linux, berikut ulasan kelebihan linux dibandingkan jenis OS lainnya.

Mengenal Apa Itu Linux?

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang free dan bersifat open source. Sistem operasi tersebut gratis dan bebas untuk dikembangkan.

Hasil dari pengembangannya lebih dikenal sebagai distro. Hingga saat ini terdapat ribuan distro Linux dengan berbagai karakteristik dan tujuan pemakaian baik dari server, mobile hingga dekstop.

Beberapa distro Linux yang terkenal dan paling sering digunakan adalah sebagai berikut :

  • CentOS
  • Fedora Server
  • Ubuntu
  • Debian
  • Mint
  • Mx Linux
  • Steam OS
  • Batocera
  • … dsb

Kelebihan linux

Pemakaian Linux pada dekstop memang tidak banyak seperti Windows. Tetapi, server top di dunia masih menggunakan Linux sebagai sistem operasinya. Berikut beberapa kelebihannya:

Free alias Open Source

Anda dapat menggunakan sistem operasi Linux secara gratis baik untuk memenuhi kebutuhan bisns maupun pribadi. Dalam pemakaian di dekstop maupun server.

 Tidak hanya itu saja, pengaplikasian yang terdapat di dalam distro Linux dapat dipakai secara gratis. Apabila terdapat aplikasi yang diperlukan namun belum disertakan. Tentunya, Anda dapat mengunduhnya tanpa beban biaya.

Kemudahan Pemakaian

Dulunya, Linux dikenal sebagai sistem operasi yang sulit dipakai oleh pemula. Namun sekarang banyak distro Linux yang ramah pakai seperti, Ubuntu.

Sistem Linux masih terus dikembangkan sehingga menjadi kian sederhana dan user friendly. Salah satunya dengan memakai proses berbasis tampilan atau GUI (Graphical User Interface).

Dengan adanya GUI, Anda tidak perlu merasa repot mengetik perintah pada terminal. Bahkan GUI tidak sekedar ditemukan pada pemakai aplikasi, namun juga proses instalasi Linux.

Keamanan Paling mantap

Meskipun free, Sistem Operasi Linux terbilang aman dari peretasan maupun serangan virus. Hal tersebut lantaran pengunanya belum banyak, sehingga belum menjadi sasaran peretasan maupun penyebaran virus.

Secara default,  Linux tidak memberikan hak akses admin kepada pemakai. Hal itu berbeda dengan windows. Untuk mengetahui hak akses sebagai admin di Linux. Anda perlu mengetik perintah khusus dengan mengisi password. Dengan demikian, virus tidak mudah menerobos masuk.

OS Ringan

Kelebihan linux saat digunakan ialah performanya relatif cepat. Hal tersebut dapat Anda rasakan saat melakukan proses instalasi, booting hingga menggunakan alikasi secara umum. Apabila Anda salah satu pengguna yang sering membuka banyak aplikasi.

Maka, Linux bisa menjadi pilihan terbaik lantaran performanya stabil. Sebab, setiap menjalankan proses tanpa mengganggu sistem keseluruhan.

Itulah beberapa kelebihan linux untuk pemakaiannya dalam berbagai kebutuhan. Anda bisa menggunakan OS tersebut sebaai pengaman maupun latihan coding. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.