Apa Itu Bitcoin ? Ketahui Bagaimana Cara kerjanya

Apa Itu Bitcoin ? Ketahui Bagaimana Cara kerjanya

ICONEWSMEDIA.COM Perkembang zaman membawa setiap apa yang ada disekitar anda menjadi lebih canggih, modern dan berbeda.

Biasanya  ketika berbelanja hanya menggunakan uang dalam bentuk fisik (ada) bisa dipegang, diraba dan dilihat dengan secara langsung tanpa melalui perantara apapun, namun saat ini anda sudah harus mengetahui salah satu jenis uang yang saat ini sangat berbeda.

Bitcoinmerupakan sebutan dari jenis uang yang satu ini atau dalam pengertiannya disebut sebagai uang elektronik yang proses transaksi dalam penggunaan jenis uang ini yaitu secara virtual.

Proses pembayaran yang digunakan pada uang virtual ini yaitu dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer.

Nah anda pasti bingungkan jadi yuk simak apa itu bitcoin, bisakah digunakan sebagai alat saat ingin membeli makan dan lainnya.

Sejarah Bitcoin

Apa itu bitcoin? merupakan jenis mata uang virtual atau uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang biasa disebut Satoshi Nakamoto, penggunaan bitcoin ini pada proses transaksi melalui internet tanpa melalui jasa yang lain atau seperti bank.

Domain Bitcoin.org terdaftar pada tahun 2008 dan sudah dilindungi oleh WhoisGuard yang artinya identitas dari penggunanya bukan informasi publik yah.

Tahun 2008 tepatnya bulan agustus Satoshi Nakomoto mengumumkan pada Milis Kriptografi di metzdowd.com yang mengatakan bahwa “saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru yang sepenuhnya peer to peer tanpa adanya pihak ketiga”.

Block pertama dari blokchain Bitcoin diluncurkan pada 3 januari 2009 sebagai sebuah pernyataan, petunjuk atau penanada.

Lalu pada tanggal 8 januari 2009 diumumkanlah versi pertama dari perangkat lunak Bitcoin pada Milis Kriptografi kemudian dihari berikutnya Blok 1 ditambang maka jalanlah penambangan Bitcoin.

Nah dari sejarahnya anda sudah tau sedikit kan tetapi anda pasti masih bingung bitcoin digunakan untuk apa, apa bedanya sama uang rupiah. Berikut ini ulasan dari cara kerja Bitcoindan bedanya dengan rupiah.

Cara Kerja Bitcoin

Untuk mencoba menjadi pengguna baru, pertama-tama anda harus meng-install yang namanya wallet Bitcoin pada komputer atau ponsel.

Ini merupakan langkah otomatis dalam membuat Bitcoinpertama. Sebagai pemisalan proses transaksi Bitcoin ini sama halnya dengan email yaitu bisa saling berbagi atau mengirim pesan dan melakukan proses pembayaran atau sebaliknya tetapi alamat Bitcoin penggunaannya hanya sekali.

Ada juga Rantai-blok (blokchain) merupakan catatan dari transaksi publik dimana jaringan Bitcoin, semua jaringan akan masuk dan tersimpan pada rantai-blok, sehingga wallet Bitcoin bisa menghitung jumlah sisa uang yang bisa dibelanja dan transaksi baru bisa diverifikasi dengan memastikan siapa pengguna sebenarnya.

Secara garis besar Bitcoin mempunyai persamaan dengan uang rupiah hanya pengunaannya yang berbeda, uang rupiah digunakan sebagai alat transaksi secara langsung tanpa adanya perantara atau alat lainnya, sedangkan Bitcoin transaksinya secara virtual atau perantara yaitu melalui laman tersendiri pada internet.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.