Apa Itu Reksadana? Berikut Penjelasan Tips Pemilihan Reksadana Bagi Pemula

Apa Itu Reksadana? Berikut Penjelasan Tips Pemilihan Reksadana Bagi Pemula

ICONEWSMEDIA.COMReksadana merupakan salah satu jenis investasi yang sangat cocok dipilih untuk para pemula seperti Anda. Hal ini dikarenakan reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang dikelola secara langsung oleh pihak manajer investasi berpengalaman.

Menurut Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995, reksadana merupakan salah satu wadah yang digunakan oleh lapisan masyarakat untuk menghimpun dana. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi melalui reksadana ini adalah dimana Anda akan memiliki instrumen investasi dengan modal awal yang kecil.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan proses top-up maupun pencairan dana yang mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Bahkan, reksadana ini membebaskan para investornya dari pajak. Secara sederhana, reksadana ini bisa dikatakan sebagai masayarakat yang urunan dana, lalu dana tersebut dikelola sebagai bentuk investasi oleh pihak manajer dalam bentuk potofolio efek.

Jika dilihat dari portofolio efeknya, apa itu reksadana ini juga memiliki cukup banyak jenis. Selain reksadana pasar uang, ada juga reksadana pendapatan tetap, ada reksadana campuran, reksadana terporteksi, ada juga reksadana saham, ada reksadana dengan penjaminan, reksa dana indeks, dan terakhir adalah exchanged traded fundatau ETF.

Cara Pilih Produk Reksadana bagi Pemula

Bagi Anda yang masih pemula dan bingung mau pilih jenis reksadana yang mana, maka silahkan Anda simak saja penjelasan berikut ini.

Pahami Manajer Investasi

Prospek yang bisa Anda dapatkan dalam sebuah produk reksadana akan tergantung dari pengelolaan reksadana, pembatasan investasi, dan semua orang yang berada di balik perusahaan manajer investasi tersebut.

Mencari tahu perihal rekam jejak dari manajer investasi ini merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan sebagai seorang investor. Selain memahami apa itu reksadana, Anda juga harus mengetahui jumlah dana kelolaan dari perusahaan manajer investasi tersebut.

Besarnya asset under management ini tentu bisa Anda gunakan untuk memastikan berapa besar kepercayaan investor lain terhadap manager investor tersebut.

Gunakan Benchmark Untuk Mengukur Performa Reksadana

Rekam jejak data seputar imbal hasil pada sebuah reksadana merupakan data bulanan atau tahunan yang tidak bisa Anda jadikan sebagai satu-satunya acuan untuk memilih sebuah produk reksadana.

Anda bisa melakukan prose perbandingan dengan menggunakan beberapa benchmark. Kinerja dari produk reksadana ini akan disetai dnegan benchmark, sehingga Anda bisa menemukannya di fund fact sheet atas produk reksadana tersebut.

Pilih Reksadana Sesuai Jangka Waktu Investasi

Pilihan reksadana yang disarankan bagi Anda yang mengambil investasi jangka pendek adalah reksadana yang memiliki nilai NAB rendah. Namun, jika Anda mengambil investasi jangka panjang, maka Anda bisa memilih NAB bernilai tinggi, karena Anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Inilah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dari apa itu reksadana. Semoga dengan penjelasan ini bisa membawa manfaat bagi Anda.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.