Cara Mendownload dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Cara Mendownload dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

ICONEWSMEDIA.COM – Pandemi covid-19 di Indonesia masih belum usai, kasus bertambahnya pasien positif covid-19 masih meningkat. Karena itu peemerintah memberikan kebijakan dan perintah untuk mengurangi jumlah penambahan pasien positif covid-19. Salah satu upaya yang kini sedang dijalankan oleh pemerintah yaitu kegiatan vaksinasi. Pemerintah mewajibkan semua masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi. Setelah mendapatkan vaksinasi maka masyarakat akan memperoleh tanda yang menunjukan status vaksinasi berupa sertifikat. Sertifikat vaksinasi ini juga diwajibkan jika kita ingin berpergian jauh dengan pesawat, kereta, bus selama ditetapkannya PPKM Darurat.

Dalam sertifikat vaksinasi ini tercantum data atau keterangan seperti nama, NIK, tanggal lahir, sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, dan juga kode QR. Karena berisi data-data pribadi dari masyarakat maka Kementrian Informasi dan Informatika menghimbau masyarakat agar menjaga sertifikat vaksinasi tersebut dengan baik dan sertifikat digital hanya digunakan secara pribadi untuk keperluan dan kepentingan khusus. Sertifikat ini bisa diperoleh melalui SMS, situs website, dan aplikasi. Berikut ini cara untuk mendownload dan mencetak sertifikat vaksinasi yang wajib kamu ketahui.

Mendownload dan Mencetak Sertifikat Vaksinasi Melalui SMS

Setelah kamu selesai melakukan vaksinasi pertama dan kedua maka kamu akan mendapatkan SMS yang berisi tautan sertifikat vaksin pada halaman pedulilindungi. Tekan tautan yang ada pada SMS tersebut agar sertifikat muncul di google chrome. Kemudian klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas halaman chrome. Kemudian pilih tanda panah kebawah untuk download file dalam png. Setelah itu buka file tersebut dan lakukan tangkapan layar untuk menyimpan, setelah itu klik menu dan pilih share pada drop menu kemudian lilih print pada kotak pilihan yang muncul.

Mendownload Sertifikat Vaksinasi Melalui Website Resmi PeduliLindungi

Sertifikat vaksinasi dapat kamu dapatkan melalui situs website resmi dari PeduliLindungi.

1. Buka halaman resmi dengan alamat https://pedulilindungi.id/

2. Pada halaman utama, pilihlah ” Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi “

3. Masukkan nomor HP yang kamu gunakan untuk mendaftar vaksinasi.

4. Masukkan kode OTP yang telah kamu terima pada smartphone kamu.

5. Lalu klik menu ” Sertifikat Vaksin ” yang muncul.

6. Kemudian sertifikat vaksinasi akan muncul dan kamu dapat mencetak sertifikat tersebut.

Mendownload dan Mencetak Sertifikat Vaksinasi Melalui Aplikasi

Kamu bisa mendownload aplikasi PeduliLindung di smartphone dengan mudah pada Google Play Store dan App Store. Berikut ini langkah-langkah download sertifikat vaksinasi.

1. Buka aplikasi PeduliLindungi di smarthpone kamu.

2. Isi nama lengkap dan juga nomor HP pada kolom pertanyaan yang muncul.

3. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan.

4. Setelah berhasil kamu akan masuk pada halaman utama, kemudian pilih menu profil.

5. Kemudian pilih menu ” Sertifikat Vaksin ” dan pilih ” Periksa “

6. Masukkan NIK dan nomor HP yang digunakan saat mendaftar vaksinasi.

7. Kemudian sertifikat vaksinasi akan muncul di halaman selanjutnya.

8. Jika ingin mendownload sertifikat kamu cukup menekan sertifikat tersebut dan tekan ” Ya “

9. Sertifikat akan tersimpan di penyimpanan ponsel kamu dan kamu bisa mencetaknya.

Kesimpulan

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan hardcopy dari Sertifikat vaksin yang bisa anda lakukan. Ini sangat berguna untuk memenuhi proses administrasi di negara Indonesia yang saat ini sedang rumit. Setiap orang yang ingin bepergian jauh diharuskan untuk menunjukkan surat sehat. Atau setidakny surat hasil tes SWAB yang negatif agar bisa melanjutkan aktivitas.

Gunakan dan simpan dokumen penting covid ini agar anda bisa memanfaatkan dengan baik. Jangan pernah menyalah gunakan dokumen sertifikat covid anda.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.