Hanya Sedikit Orang Yang Tahu: 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mujarab

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mujarab

ICONEWSMEDIA.COM – Laptop merupakan alat elektronik yang penting, karena banyak orang yang membutuhkannya untuk membantu pekerjaannya. Setiap pengguna pasti menginginkan agar laptop yang digunakan awet dan lancar digunakan.

Tetapi kita tidak bisa menghindari kenyataan bahwa barang elektronik tersebut pasti mengalami penyusutan. Salah satu penyusutan yang terjadi yaitu laptop akan menjadi lemot. Laptop akan menjadi lambat seiring digunakan terus menerus.

Laptop lemot tentu menjadi hal yang mengganggu, karena pekerjaan bisa memjadi terhambat karena kinerja yang menurun.

Laptop lot memiliki beberapa penyebab, diantaranya terlalu banyak software yang dijalankan otomatis saat dinyalakan. Terlalu banyak software yang digunakan pada saat bersamaan. Kemudian hardisk yang sudah tidak memadai dan juga RAM yang sudah penuh.

Terlalu banyak membuka tab pada halaman pencarian secara bersamaan. Adanya virus pada laptop. Sistem operasi yang belum update juga mempengaruhi cepat lambatnya laptop.

Untuk itu kamu perlu memperbaiki laptopmu agar bisa kembali stabil. Berikut ini cara ampuh untuk mengatasi laptop lemot.

1. Uninstall Aplikasi atau Software yang Tidak Penting

Tak jarang pengguna laptop ingin memiliki dan mencoba beberapa aplikasi. Tetapi banyaknya aplikasi juga membebani penyimpanan pada laptop. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan berakibat laptop menjadi lemot. Maka kamu harus menghapus atau uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting. Gunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

2. Hapus Virus dengan Software Antivirus

Laptop yang terserang virus akan menjadi lambat dan performanya akan menurun. Untuk itu kamu perlu menginstall aplikasi atau software antivirus untuk mengilangkan virus yang mungkin ada di laptopmu.

3. Pasang Aplikasi Sesuai dengan Kapasitas Laptop

Pengguna laptop wajib mengetahui spesifikasi dari laptop yang dimiliki. Pengguna harus mengetahui prosesor dari laptopnya, kapasitas RAM dan juga penyimpanannya. Jangan menginstall aplikasi yang memiliki kapasitas besar sehingga laptop terlalu dipaksakan dan laptop bisa menjadi lemot.

4. Tambah Kapasitas RAM

Menambah kapasitas RAM pada laptop bjsa menjadi solusi untuk mengatasi laptop lemot. Jika laptop kamu memiliki kapasitas RAM 4 GB maka kamu bisa menambah kapasitas RAM menjadi 8 GB atau 16 GB. Hal yang harus diperhatikan yaitu kamu tidak bisa asal menambah RAM pada laptop kamu. Kamu harus tetap memperhatikan spesifikasi RAM DDR3 atau DDR4 serta kapasitas maksimal dari penambahan RAM di laptop kamu.

5. Gunakan Thermal Paste dan Cooling Pad

Menggunakan thermal paste dapat mengatasi laptop agar tidak lemot. Hal ini dikarenakan thermal paste berguna untuk memastikan agar suhu pada laptop bisa terjaga dengan baik pada saat pemakaian. Thermal paste akan menjaga dan mendinginkan suhu prosesor agar tidak cepat panas. Kamu juga bisa menggunakan cooling pad yang berguna sebagai kipas tambahan untuk menjaga suhu prosesor tetap stabil. Sehingga kinerja laptop akan kebih stabil jika suhu prosesor.

6. Install Aplikasi Pembersih dan Pemacu Kinerja Laptop

Menginstall aplikasi yang berguna sebagai pemacu kinerja laptop bisa menjadi salah satu solusi mengatasi laptop yang lemot.

Salah satu aplikasi pembersih yang saya rekomendasikan adalah CCleaner. Aplikasi ini bisa membersihkan file cache yang tidak terpakai dan juga file residu yang menghambat kinerja laptop kita. CCleaner juga bisa digunakan untuk menghapus registry yang tidak terpakai lagi.

7. Mengganti Memori HDD menjadi SSD

Besarnya kapasitas memori yang dimiliki laptop sangat berpengaruh pada kinerja dari laptop. Penyimpanan yang masih menggunakan HDD biasanya masih relatif kecil sehingga kinerja laptop lambat. Untuk itu kamu bisa mengubah penyimpanan laptopmu dari HDD ke SSD.

Itulah tujuh langkah yang bisa kamu lakukan apabila menemui kondisi laptop lemot. Ini tentu saja sangat penting karena laptop yang kita gunakan untuk bekerja dan belajar harus bisa pada kondisi optimal.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.