Hindari Kebiasaan Ini Agar Hutang Tak Menggunung

Hindari Kebiasaan Ini Agar Hutang Tak Menggunung

ICONEWSMEDIA.COM – Tak bisa dipungkiri bahwa jeratan hutang sering menjadi momok yang sangat menakutkan karena untuk lepas dari hutang itu sulitnya bukan main. Terlebih yang memilki gaya hidup tinggi dan tidak peka dengan hutang yang kian lama kian bertambah. Terlebih hutang tersebut hasil berhutang dari rentenir dan mematok bunga tinggi, yang jelas hutang tersebut bukannya selesaiĀ  justru malah kian menumpuk.

Tips hutang cepat lunas

Jika anda ingin terlepas dari jeratan hutang dan tidak ingin semakin menggunung, anda bisa mehindari kebiasan di bawah ini :

1. Gaya hidup yang tinggi

Tak sedikit kasus yang terjebak dengan hutang karena gaya hidup yang terlalu hedonisme. Sebenarnya tidak masalah memiliki gaya hidup selangit, namun mulai sekarang coba untuk bijaksana dalam menentukan standar gaya hidup sesuai dengan kemampuan finansial. Karena situasi saat ini sedang berada dalam posisi yang sulit dan tak menentu, sudah seharusnya untuk menyesuaikan kembali standar gaya hidup

2. Gengsi

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi utang yang menggunung adalah menekan gengsi. Dengan  cara ini Anda diharuskan menekan biaya hidup serendah mungkin agar bisa menyisihkan uang untuk melunasi hutang. Meskipun kebutuhan utama  didasarkan oleh Sandang, Pangan, dan Papan coba bisa dicek lagi besaran pengeluarannya untuk sebuah kebutuhan atau justru keinginan.

3. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Hal ini yang sering terjadi yaitu membayar hutang dengan hutang lagi. Sekalinya orang terjerat hutang, maka akan terus ketagihan berhutang lagi  karena hutang adalah cara terinstan untuk mendapatkan uang. Pada dasarnya berhutang untuk membayar hutang atau gali lubang tutup lubang bukanlah solusi  untuk menyelesaikan masalah (hutang), tetapi justru menambah masalah (hutang). Ilustrasinya begini, setiap kali terlilit hutang pasti akan meminjam uang yang komponennya jauh lebih besar dengan bunga yang juga lebih tinggi daan terus berlanjut tiada henti.

4. Kebiasaan Jajan dan Makan di Luar

Kebiasaan jajan dan makan di luar tanpa kontrol hanya akan membawa petaka, karena dengan jajan dan.makan di luar akan menjadikan sangat boros. Tentu harga makanan dan cita rasa pun sangat beragam, biasanya semakin mahal makanan umumnya semakin enak. Anda dapat menghemat uang dengan cara masak sendiri dan memasak seenak mungkin dengan bahan makanan alakadarnya.

5. Ketahui prioritas

Setiap keputusan yang memiliki opsi lebih dari satu, pasti memiliki prioritas yang harus lebih diutamakan. Memprioritaskan hutang diatas segalanya bisa jadi solusi buat anda yang ingin cepat melunasi hutang. Sisihkan sebagian besar penghasilan anda untuk membayar hutang dan urungkan niat untuk liburan atau jalan-jalan.

Tentu sangat menyakitkan ketika kita dalam fase membayar hutang, dan akan sangat menyenangkan apabila anda telah berhasil melunasi seluruh hutang yang ada.

6. Disiplin

Mengindahkan permintaan seseorang yang telah membantu kita adalah hal yang harus di utamakan agar tercipta hubungan yang lebih baik lagi. Disiplin membayar hutang sesuai janji tentu akan membuat orang yang meminjamkan uang kepada kita menjadi senang. Selain perencanaan keuangan lebih teratur, si pemberi hutang juga akan lebih mudah berpikiran positif terhadap kita. Tentunya kita juga membutuhkan usaha yang ekstra agar disiplin ini tetap terjaga.

Kesimpulan

Cara untuk terhindar dari hutang agar tidak semakin menggunung adalah : menghindari  gaya hidup yang selalu tinggi, tidak mengedepankan  gengsi namun lebih mengedepankan kebutuhan, tidak membayar hutang dengan cara gali lubang tutup lubang dan mengontrol jajan dan makan diluar. Selalu berpikir positif dengan kedaan yang sedang dihadapi dan tetap semangat dalam bekerja. Semoga dengan cara yang sudah dijabarkan diatas memberikan sedikit dorongan agar hutang anda tidak semakin menggunung.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *