Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana Yang Lebih Baik

Perbedaan Layar IPS dan AMOLED, Mana Yang Lebih Baik

ICONEWSMEDIA.COM – Perkembangan teknologi kini sudah semakin canggih, terutama pada alat-alat elektronik. Salah satu perkembangan teknologi yang kini semakin canggih yaitu smartphone. Pada jaman sekarang alat elektronik ini sudah semakin canggih dengan dukungan teknologi dan fitur-fitur yang baru. Teknologi dan fitur-fitur yang canggih menjadi pertimbangan sesorang saat akan membeli sebuah smarthphone. Salah satu fitur teknologi yang dipertimbangkan yaitu layar smartphone. Layar sebuah smarthphone yang sering ditemui di berbagai merk pada umumnya yaitu layar IPS LCD dan teknologi layar AMOLED.

Teknologi layar AMOLED merupakan teknologi yang lebih baru dari layar LCD. Tetapi teknologi layar LCD juga masih sering ditemui di beberapa smartphone. Kedua jenis teknologi layar tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Namun tidak jarang orang-orang belum terlalu tahu mengenai perbedaan dari kedua layar tersebut. Banyak orang yang juga masih bingung manakah teknologi layar yang lebih baik. Berikut ini penjelasan mengenai layar IPS LCD dan layar AMOLED yang bisa menunjukkan perbedaan diantara kedua layar tersebut.

Pengertian layar IPS LCD

Layar LCD atau Liquid Crystal Display pada sebuah smarthphone sudah populer dan tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Selain digunakan untuk layar smartphone, LCD ini juga sering digunakan pada alat elektronik lain seperti televisi dan juga tablet.

Cara kerja dari layar LCD yaitu melakukan pemantulan cahaya menuju kristal cair. Kemudian kristal cair ini akan melakukan polarisasi pada warna sehingga dapat memberikan tampilan dalam bentuk gambar.

Kelebihan layar IPS LCD

1. Biaya produksi untuk layar LCD lebih terjangkau daripada kayar AMOLED. Sehingga smarthpone yang menggunakan layar LCD harganya lebih terjangkau.

2. Dapat menampilkan warna yang sesuai dengan aslinya atau natural.

3. Saat di bawah matahari, warna dan gambar tetap dapat terlihat jelas.

4. Umurnya lebih panjang karena tidak berpotensi terjadi burn in atau bercak pada layar.

Kekurangan layar IPS LCD

1. Tingkat kontras warna tidak kuat, misalnya warna hitam tidak terlalu pekat dan warna putih tidak terlalu terang.

2. Lebih boros dalam penggunaan daya pada layar.

3. Bentuk fisik layar IPS LCD lebih tebal

Pengertian Layar AMOLED

Layar AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode merupakan teknologi display panel yang lebih baru dari layar IPS LCD. Kini sudah banyak smartphone yang menggunakan teknologi layar AMOLED dari berbagai vendor. Cara kerjanya tentu berbeda dengan layar LCD. Layar AMOLED menggunakan anoda dan katoda yang berfungsi untuk mengalirkan elektron pada layar.

Kelebihan Layar AMOLED

1. Kontras warna pada layar AMOLED lebih cerah.

2. Lebih hemat penggunaan daya layar.

3. Tampilan fisik layar AMOLED lebih tipis.

Kekurangan Layar AMOLED

1. Rawan terjadi burn in pada layar pada penggunaan yang sudah cukup lama.

2. Biaya produksi untuk layar AMOLED  lebih mahal.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan layar IPS LCD dan layar AMOLED, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, sehingga untuk layar yang lebih baik tergantung pada kebutuhan masing masing orang.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.