Beberapa kelebihan dan kekurangan Fintech yang mestinya kamu tahu

Beberapa kelebihan dan kekurangan Fintech yang mestinya kamu tahu

ICONEWSMEDIA.COM – Finansial technology atau fintech terdengar tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Singkatnya  fintech adalah aktivitas finansial alias keuangan yang mengunakan inovasi  teknologi. Fintech sangat relevan dengan perkembangan zaman yang menuntut aktivitas serba cepat, mudah, dan efisien. Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan zaman menuntut efisiensi serta kecepatan dalam pelayanan keuangan. Maka hadirlah startup-startup yang menyediakan layanan finansial berupa pinjaman online, produk investasi, metode pembayaran dengan uang digital, hingga perencanaan keuangan semakin tumbuh berkembang.

Ada beberapa contoh startup fintech yang berkembang  di Indonesia seperti platform Fintech Lending dengan produk pinjaman onlinenya, startup perusahaan penyedia dompet digital dan uang elektronik seperti Go-Pay, Dana, hingga OVO. Ada starup fintech yang menyediakan produk investasi bagi masyarakat seperti Bareksa atau Bibit dengan reksa dananya. Ada pula fintech berupa market aggregator seperti CekAja yang berguna untuk membandingkan berbagai produk keuangan. Ada pula starup fintech investment management seperti Finansialku yang membantu perencanaan keuangan Anda.

Kelebihan Financial Technology

Ada beberapa  kelebihan yang dimiliki oleh financial technology yang terdapat pada penjelasan dibawah ini :

Kemudahan Pelayanan

Kelebihan yang menonjol dan pertama pada fintech adalah kemudahan pelayanan. Fintech adalah layanan menerapkan inovasi teknologi sehingga sangat mudah dalam memberikan layanan kepada konsumennya. Konsumen pun mendapat keuntungan dengan layanan ini misalnya transaksi pembayaran yang dapat dilakukan secara online dengan smartphone tanpa perlu datang ke kantor dan menunggu antrian.

Memperoleh Informasi dengan Cepat

Kelebihan Fintech yang kedua adalah  mampu menyediakan layanan informasi yang dapat diakses pengguna secara cepat. Layanan yang diberikan  seperti update info tentang pinjaman atau investasi tertentu cukup menggunakan jaringan internet dan aplikasi smartphone. Dengan ini secara tidak langsung Fintech memungkinkan masyarakat memperoleh informasi secara murah.

Proses Pelayanan Cepat

Kelebihan fintech  yang ketiga adalah proses pelayanan keuangan begitu cepat seperti halnya dalam pengajuan pinjaman, transfer dana, hingga validasi credit score. Sebelum adanya fintech semua proses tersebut memerlukan waktu yang cukup lama sehingga tidak efisien.

Menjamin Keamanan Data Pengguna

Pelayanan keuangan yang dilakukan secara online tidak perlu khawatir dengan keamanan data yang dimiliki oleh konsumen karena data yang dihimpun oleh perusahaan financial technology terpercaya dijamin keamanannya dan diawasi oleh lembaga OJK. Pada teknologi keamanan fintech menerapkan seperti enkripsi, data biometrik, dan sebagainya.

Mengutamakan Efisiensi

Kelebihan yang kelima pada fintech adalah unsur efisiensi. Fintech menyediakan Aplikasi yang menyediakan fitur-fitur penting untuk kebutuhan konsumen seperti mengatur keuangan secara tepat dengan bantuan yang diberikan dan layanan notifikasi untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran tagihan dan sebagainya.

Kekurangan Financial Technology

Selain kelebihan Fintech juga memilki beberapa  kekurangan yang terdapat pada penjelasan dibawah ini:

Membutuhkan Smartphone dan Koneksi Internet

Untuk mendapatkan pelayanan fintech  pengguna diwajibkan untuk memiliki gadget seperti smartphone, tablet, atau komputer.  Berbagai layanan pada fintech hanya bisa diperoleh jika perangkat konsumen sudah terkoneksi dengan internet. Kondisi berbeda dengan fasilitas keuangan konvensional yaitu bank yang tak memerlukan smartphone dan internet.

Berpotensi Terjebak Penipuan

Kehadiran teknologi finansial memberikan keamanan bagi pengguna tapi masih terdapat potensi penipuan pada sektor ini. Maka pengguna harus lebih jeli dalam memilih layanan yang dibutuhkan dan melek informasi akan fintech yang digunakan agar tidak pada penipuan.

Kesimpulan

Semakin berkembangnya teknologi semakin maju pula inovasi – inovasi yang muncul. Namun demikian, setiap ide tidak ada yang sempurna menutupi kekurangan.

Fintech hadir untuk menyempurnakan dunia perekonomian secara digital, sehingga manusia akan lebih mudah untuk melakukan interaksi bisnis. Mesikipun di gadang-gadang menjadi penyempurna, tetapi Fintech tetap memiliki kekurangan yang tidak bisa dihindari.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.