Mana yang lebih menarik saat PPKM darurat? Emas atau Reksadana?

Mana yang lebih menarik saat PPKM darurat Emas atau Reksadana

ICONEWSMEDIA.COM – Saat ini pemerintah tengan melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali yang telah dimulai sejak 3 Juli hingga 2 Agustus 2021. Dengan adanya kebijakan tersebut masyarakat dihimbau untuk membatasi aktivitas di luar rumah dan memberlakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Adanya aturan tersebut memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berhemat dan mulai berinvestasi untuk masa depan. Ada beberapa produk investasi yang bisa Anda pilih mulai dari yang memiliki risiko rendah seperti emas, produk berbasis surat utang (obligasi) seperti reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap.

Tentang Emas dan reksa dana

Memilih berinvestasi pada reksadana ataupun emas sebaiknya digunakan untuk tujuan investasi jangka ipanjang, yaitu di atas lima tahun. Investasi pada dua instrumen ini cocok untuk rencana keuangan dengan tujuan seperti pensiun, biaya pendidikan, atau mempersiapkan pernikahan.

Bisa saja jenis investasi ini digunakan untuk investasi jangka pendek, namun harganya masih berfluktuasi sehingga keuntungannya juga belum maksimal. Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas atau reksa dana, maka gunakanlah uang ‘dingin’ atau uang yang memang disisihkan untuk tujuan investasi, bukan uang pinjaman baik dari bank ataupun orang lain.

Agar investasi anda aman dan mendapatkan profit sebaiknya anda benar-benar telah memisahkan uang untuk investasi dengan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok serta kebutuhan jangka pendek lainnya,

Perbedaan Investasi Reksa Dana dan Emas

Dilihat dari sisi popularitas, emas lebih populer dibandingkan dengan investasi reksa dana. Popularitas  emas daripada reksa dana karena masyarakat banyak yang belum tahu tentang reksa dana. Masyarakat masih memiliki pandangan kalau emas tetaplah investasi yang jelas keuntungannya.

Pemikiran tentang  emas itulah yang sudah tertanam sejak lama sedangkan  produk reksa dana masih baru sebagai instrumen investasi sehingga belum banyak dikenal orang.

Bila ditelisik lagi keuntungan reksa dana jauh relatif lebih besar bila dibandingkan dengan emas dengan asumsi tepat dalam pemilihannya.

Jadi, Pilih Emas atau Reksadana?

Sebenarnya mau memilih berinvestasi pada emas ataupun reksa dana sama-sama memberi keuntungan selama Anda cerdas dalam mengelolanya.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, berinvestasi emas atau reksadana sama-sama memiliki potensi memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan dan cocok dipilih sebagai alternatif investasi jangka panjang. 

Jika Anda berencana berinvestasi jangka pendek, Anda bisa memilih reksa dana yang memiliki rendah risiko adalah reksa dana pasar uang.

Perencanaan lainnya Anda juga bisa memilih emas sebagai instrumen sebagai dana darurat karena emas sebagai produk investasi yang dapat dijual sewaktu-waktu dan memiliki kecenderungan harga yang stabil.

Tak perlu bingung dalam memilih, Anda bisa memilih keduanya untuk investasi. Perlu dicermati adalah  pilihan investasi tersebut sesui dengan tujuan investasi  Anda agar keuntungan yang didapat juga maksimal. 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.