Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan, Jurusan yang Cocok Meniti Karir di Dunia Tambang

Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan, Jurusan yang Cocok Meniti Karir di Dunia Tambang

ICONEWSMEDIA.COMTeknik pertambangan termasuk bidang ilmu yang mempelajari penambangan mineral berharga, batubara, serta berbagai hal yang berhubungan dengan komoditi pertambangan. Di beberapa universitas terdapat jurusan Teknik Pertambangan yang bisa Anda pilih agar bisa meniti karir di dunia tambang.

Jurusan ini lebih fokus pada kegiatan eksploitasi, eksplorasi serta pemrosesan yang seringkali terjadi di dunia pertambangan. Anda akan belajar mengenai sifat-sifat mineral yang menjadi bahan yang bisa ditambang termasuk kegunaan, cara, hingga proses pengolahannya.

Hal tersebut harus bisa dipahami hingga bahan tambang tersebut dapat bermanfaat untuk manusia.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui jika jurusan yang cocok meniti karir di dunia tambangtentunya ialah jurusan Teknik Pertambangan.

Untuk bisa terjun di dunia pertambangan secara langsung sebelumnya Anda harus kuliah atau mengenyam pendidikan di jurusan teknik tersebut. Anda bisa memperhitungkan untung rugi dari proses penambangan serta berbagai hal lainnya.

Setelah selesai kuliah di jurusan ini Anda akan memiliki beberapa kemampuan dan keahlian. Kemampuan dan keahlian tersebut terdiri dari kemampuan melakukan analisis, meneliti dan observasi, kemampuan berpikir rasional dan terstruktur, mampu bekerja secara tim, serta lebih detil, teliti serta tekun.

Sebagai jurusan yang cocok meniti karir di dunia tambang, Jurusan Teknik Pertambangan ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri khususnya yang lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan pertambangan.

Pertama, lulusan dari Universitas tersebut tentunya memiliki karir yang luas di industri pertambangan.

Sebagai lulusan dari jurusan ini Anda bisa bekerja di pertambangan nikel, timah, pasir, bersih, industri, mineral, batubara ataupun emas. Menariknya lagi salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki gaji yang sangat tinggi ialah di bidang industri pertambangan.

Hal ini tentu tak main-main karena keahlian yang bisa dimiliki membutuhkan proses yang tidak mudah.

Untuk pegawai entry-level di industri pertambangan pertahunnya bisa memperoleh gaji yang cukup fantastis yakni mencapai 110 juta rupiah.

Itulah mengapa jurusan pertambangan sangat dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang karena memang memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan dibandingkan jenis jurusan dan bidang lainnya.

Jurusan yang cocok meniti karir di dunia tambang tentunya akan berhubungan dengan beberapa hal lain yang sejenis. Misalnya untuk alat berat, industri semen hingga pembangkit listrik juga akan membutuhkan orang-orang dari Jurusan Teknik Pertambangan.

Sedikit banyak lulusan ini sudah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan beberapa bidang tersebut.

Tak hanya itu, selain bisa langsung terjun di dunia tambang Anda juga bisa meniti karir di bidang kementerian ESDM sebagai analis kegiatan eksplorasi dan eksploitasi.

Dari namanya saja tentu sudah sangat menakjubkan dan otomatis jenjang karir serta income yang bisa diperoleh akan sangat menarik.

Anda juga bisa menjadi analis ketenagalistrikan, pengembangan infrastruktur maupun inspektur. Bidang ini juga masih memiliki keterkaitan dengan dunia tambang dan akan sangat dibutuhkan pada bidang tersebut.

Untuk itu, Anda bisa menekuni jurusan Teknik Pertambangan karena merupakan jurusan yang cocok meniti karir di dunia tambang.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.