Tips hindari investasi bodong agar tetap cuan

Tips hindari investasi bodong agar tetap cuan

ICONEWSMEDIA.COM – Investasi  sejak usia muda sangat menyenangkan  karena belum mempunyai tanggungan dan biaya untuk kebutuhan sehari-hari pun juga masih sedikit. Sebelum memuilai untuk berintestasi ada baiknya  mengenal jenis-jenis investasi dan risikonya.  Ketika hendak memilih produk investasi, Investor harus bisa melakukan identifikasi sehingga mengetahui akan konsekuensi  untung  dan rugi di kemudian hari. Setiap  investor ingin melakukan investasi yang menguntungkan. Namun kadangkala orang ragu untuk melakukan investasi karena dapat cerita tentang investasi bodong.

Agar lebih waspada dalam memilih perusahaan penyedia produk investasi, berikut tips agar terhindar dari investasi bodong:

1. Pastikan Memiliki Izin Yang Jelas

Pada transaksi produk investasi  termasuk juga dengan menghimpun dana dari masyarakat, kegiatan perlu izin khusus dari pemerintah. Namun apabila perusahaan pengumpul dana ini tidak terdaftar dan tidak memiliki izin dari OJK, sebaiknya hindari untuk investasi.

Jika perusahaan investasi menawarkan produk berjangka atau komoditi maka bisa dicek izinnya di BAPPEBTI. Jika tidak terdaftar dan tidak memiliki izin, sebaiknya tidak invetasi pada perusahaan tersebut.

2. Apakah Imbal Hasil Yang Diberikan Realistis

Ketika perusahaan menawarkan imbal hasil yang sangat tinggi, tentunya resikonya juga semakin tinggi. Perlu diwaspadi bila ada perusahaan investasi yang berani memberikan bunga sangat tinggi karena bisa jadi tidak realistis dan berujung pada penipuan.

3. Cek Rekam Jejak Perusahaan

Majunya teknologi khususnya internet memudahkan dalam mengecek dan mencari rekam jejak perusahaan. Cari dan gali informasi perusahaan penyedia produk investasi yang dipilih bisa dicek dari testimonial pelanggan yang sudah pernah investasi di perusahaan tersebut. Semakin detail informasi yang didapatkan semakin menambah keyakinan dan minim dari penipuan.

4. Hindari FOMO ( Fear of Missing Out )

Bila ingin berinvestasi pelajari terlebih dahulu produk investasi yang dipilih secara teliti dan terukur. Hindari memilih produk investasi karena terbawa arus dengan mengikuti apa kata orang lain.  Apabila anda menghindari arus FOMO, anda akan terhindar dari jebakan investasi bodong. Boleh mempertimbangkan saran dari orang lain namun dengan catatan anda paham akan produk yang anda pilih. Konsekuensinya jika hanya mengikuti orang lain tanpa paham tentang produk yang diinvestasikan yang menanggung ya diri anda sendiri.

5. Memiliki Rencana Investasi Yang Jelas

Ketika Anda terjun ke dunia investasi, Anda harus memiliki rencana investasi yang jelas terlebih dahulu. Tujuan investasi untuk apa, Instrumen investasi yang seperti apa, yang jelas Anda memahami tentang investasi. Dengan Anda memahami tentang investasi, anda tidak akan mudah tergoda dengan investasi bodong.

Kesimpulan

Agar anda terhindar dari investasi bodong maka perhatikan bagian penting ini : Pastikan tempat anda berinvestasi memiliki ijin dari OJK atau Bappebti, produk investasi yang Anda pilih memiliki return yang realistis, perusahan yang anda pilih memiliki rekam jejak yang bagus, hindari memilih produk yang hanya kata orang atau FOMO dan yang terakhir memiliki rencana yang jelas. Ketika Anda mulai mempelajari itu semua dengan begitu anda akan terhindar dari investasi bodong.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.