Cara Memulai Bisnis Ekspor Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Ekspor Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

ICONEWSMEDIA.COMDi era pasar bebas ini, pemerintah Indonesia gencar mendorong perusahaan lokal untuk go international. Pemerintah memiliki banyak kebijakan untuk mendukung usaha kecil dan menengah dan memfasilitasi perusahaan perdagangan internasional skala besar.

Secara ekonomi, tujuan pemerintah adalah membuat neraca perdagangan atau impor dan perdagangan internasional menjadi positif. Artinya, surplus nilai perdagangan internasional dalam jangka waktu tertentu mungkin lebih besar dari nilai impornya. Berikut adalah tips dan cara memulai bisnis ekspor.

Pilih produk berkualitas

Untuk trader pemula, langkah pertama adalah memilih produk yang akan diekspor. Mulailah dengan bahan baku, tempat penyimpanan dan cara menggunakannya, untuk memahami dan menganalisis produk secara detail. Pilih produk yang tidak memiliki umur simpan atau memiliki umur simpan yang lama sehingga dapat digunakan atau dikonsumsi oleh banyak orang.

Menentukan negara tujuan

Cara kedua adalah dengan menentukan negara tujuan perdagangan internasional. Pahami kepribadian dan budaya masyarakat di negara target sehingga Anda dapat menganalisis apakah masyarakat di negara tersebut cocok dengan produk Anda.

Dapatkan informasi tentang negara tujuan dan informasi penjualan untuk produk pesaing (jika ada). Ingat bagaimana mengekspor barang ke negara itu. Informasi ini dapat ditemukan di internet sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk bepergian ke seluruh negeri.

Mendaftarkan Website Perusahaan Anda di Forum Bisnis Ekspor

Cara memulai bisnis ekspor selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dimana Anda perlu memposting informasi tentang produk yang Anda jual di website Anda. Hampir semua informasi potensial tentang produk konsumen juga dapat ditemukan di Internet.

Tujuan mendaftarkan website atau produk perusahaan Anda di portal perusahaan internasional adalah untuk memudahkan calon pelanggan (importir) menemukan produk Anda.

Anda juga dapat mempromosikan produk Anda di platform perdagangan terkenal seperti www.amazon.com dan www.alibaba.com. Platform populer seperti Amazon dan Alibaba memiliki banyak lalu lintas, sehingga produk Anda akan dilihat oleh lebih banyak calon pelanggan.

Isi setiap dokumen dengan teliti

Hal penting lainnya adalah Anda harus mengisi dokumen bisnis internasional. Tentu saja, tanpa dokumentasi yang memadai, produk tersebut tidak dapat dijual ke luar negeri.

Dokumen perdagangan internasional yang lengkap juga memudahkan proses regulasi ketika suatu produk masuk ke negara atau wilayah tujuan. Dokumen bisnis internasional seperti faktur, slip pengepakan, dan pesanan pembelian.

Fasilitas Pengguna yang Disediakan Pemerintah

Pemerintah Indonesia menyediakan berbagai kendaraan niaga untuk membantu bisnis lokal menjual produknya ke luar negeri. Anda dapat melihat data tentang perwakilan penjualan Badan Pengembangan Ekspor Nasional di lima benua di situs web www.djpen.kemendag.go.id.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengadakan pameran internasional terkait produk perdagangan internasional. Dimana pada acara semacam ini juga bisa menjadi gerbang pembuka yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Itulah beberapa cara memulai bisnis ekspor dengan modal kecil untuk pemula yang mungkin bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk menjalankan bisnis yang lebih menguntungkan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.