Lulusan SMK mending bisnis atau kerja? Ini Peluang Yang Bisa Anda Pikirkan!

Lulusan SMK mending bisnis atau kerja

ICONEWSMEDIA.COMLulusan SMK memang sejak awal sudah dipersiapkan untuk menjadi generasi pembangun yang bisa lebih cepat masuk ke dunia kerja.

Hal ini dianggap karena mereka memiliki dasar yang lebih kuat pada bidang tertentu dan akan mudah untuk mengaplikasikannya.

Sedangkan untuk lulusan SMA dianggap sebagai jembatan untuk bisa masuk ke jenjang selanjutnya yaitu perkuliahan.

Padahal jika ingin dilihat lebih alam lulusan SMK yang melanjutkan ke perkuliahan bisa mendapatkan double kemampuannya sebagai tenaga ahli spesialis.

Apalagi ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamarnya untuk pemilik ijazah strata 1.

Tentu saja, mereka yang bergelar sarjana memiliki daya tawar lebih ketimbang SMK yang hanya dianggap lulusan sekolah menengah saja.

Hal inilah yang kerap membuat lulusan SMK menjadi terpinggirkan.

Hal ini yang menyebabkan banyak lulusan SMK yang masih menjadi pengangguran karena sulitnya mencari pekerjaan dengan spesifikasi bidang yang tepat.

Angkanya tinggi selama lima tahun belakang ini. Lalu bagaimana para lulusan SMK menentukan nasibnya? Lulusan SMK mending bisnis atau kerja? 

Seringkali hal ini yang menjadi momok pada lulusan SMK melihat kondisi lapangan kerja yang tidak ideal dan merata.

Jika Anda hendak bekerja, maka Anda harus lebih teliti dan detail dengan terus mencari pekerjaan apa yang tepat dengan jurusan Anda di SMK dulu.

Tentu saja, hal ini bisa memakan waktu lama atau cepat. Itu semua tergantung pada Anda dalam memilah dan mencarinya.

Namun, jika Anda merasa bekerja pada suatu instansi dengan ranah jurusan yang sulit ditemukan, Anda dapat mencoba beberapa peluang berikut ini.

Pertama, Anda bisa mendirikan usaha milik sendiri. Saat ini bisnis dapat dilakukan dari mana saja. Anda dapat menjadi usaha secara digital atau menjadi freelancer.

Jika Anda memiliki kemampuan lain, misalnya menulis, graphic design dan lainnya, coba manfaat skill tersebut untuk mengembangkan kemampuan dan juga menghasilkan uang.

Hal ini bisa membantu Anda selagi mencari spesifikasi kerja yang didinginkan.

Kedua, jika pilihannya Anda ingin bekerja, Anda dapat mencoba mendaftar sebagai karyawan atau pegawai swasta.

Terdapat beberapa keuntungan misalnya Anda memiliki gaji tetap bulanan yang bisa membantu menghidupi kebutuhan sehari-hari. Gaji ini sudah diatur oleh pemerintah.

Jika Anda memiliki kinerja dan kemampuan lebih bandang kali pihak atasan akan mempertimbangkan Anda untuk bisa naik posisi dan gaji.

Selain itu, Anda juga berpeluang untuk mengembangkan skill. Karena setiap perusahaan biasanya akan memberikan pelatihan pada karyawan agar bisa lebih kompeten lagi dalam bekerja.

Itulah pilihan bagi lulusan SMK yang bisa Anda coba. Lulusan SMK mending bisnis atau kerja sebenarnya berada pada keputusan Anda dan konsekuensi selanjutnya. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.