TV Digital dan TV Analog Mana Yang Terbaik? Berikut Ulasannya!

TV Digital dan TV Analog Mana Yang Terbaik

ICONEWSMEDIA.COM Beberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan bahwa siaran televisi analog akan segera diberhentikan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut TV analog akan bermigrasi menjadi digital dan akan berlangsung seterusnya.

Jika anda belum tahu, sistem penyiaran TV digital adalah penggunaan aplikasi teknologi digital pada sistem penyiaran televisi yang dikembangkan di pertengahan tahun 90-an.

Kemudian diujicobakan pada tahun 2000 dan digunakan sepanjang awal tahun itu.  S

alah satu perbedaan antara di televisi digital dan analog adalah sinyal yang dipancarkan. Jika sinyal yang dilancarkan diterima dengan baik maka televisi akan terlihat jauh lebih jelas.

Hal ini tampak dari signifikan segi kualitas gambar, suara, maupun tidak ada bintik-bintik berupa semut pada layarnya.

Pihak kominfo sendiri menyebutkan bahwa kualitas gambar dan suara siaran digital akan jauh lebih baik dibandingkan siaran analog.

Tidak ada lagi gambar berbayang atau segala bentuk gangguan lainnya pada monitor TV dengan menggunakan siaran digital. Selain itu siaran digital memiliki kemampuan penyediaan layanan interaktif.

Sehingga penonton dapat memberikan respon mereka secara langsung pada apa yang sedang ditayangkan.

Selain itu, terdapat guide yang berisi jadwal penayangan yang bisa Anda lihat keesok harinya.

Perlu Anda ketahui pula, apabila jarak rumah dengan pemancar sinyal terlalu jauh, hal ini akan berdampak pada kualitas tayangan televisi. Sehingga sinyal akan mudah melemah atau bahkan terputus.

Hal ini akan berdampak pada gambar yang ditampilkan sehingga menjadi kurang baik

Berbeda dengan televisi digital yang akan terus menyampaikan gambar dengan kualitas yang baik dan suara yang jernih tanpa ada gangguan teknis lainnya.

Sehingga dapat dikatakan TV digital dan TV analog mana yang terbaik tentu TV digital. Terutama dilihat dari teknis dan mekanismenya yang sudah modern dan dapat mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi.

Migrasi dari televisi analog ke digital yang sudah tidak mampu lagi mengikuti zaman akan sangat membantu masyarakat menerima informasi dari pemerintah.  

Dengan hadirnya televisi digital tentu saja diharapkan hal ini bisa menjangkau daerah terpencil yang seringkali kesulitan akses.

Selain itu televisi juga merupakan salah satu alat elektronik yang tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, jika Anda ingin alat elektronik dengan kualitas yang baik tanpa ada segala macam gangguan, ada baiknya untuk beralih kepada televisi digital. Namun, hal ini merupakan pilihan opsional yang bisa anda pertimbangkan.

Apabila keberadaan televisi bukan menjadi kebutuhan primer dari kehidupan rumah tangga, maka pilihan TV digital dan TV analog mana yang terbaik tidak menjadi masalah.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.