Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Google Play Store dikenal sebagai aplikasi marketplace untuk sistem operasi Android yang menawarkan beragam kemudahan dan punya berbagai jenis layanan.

Sayangnya, terkadang aplikasi ini sering mengalami masalah. Misalnya seperti kalian tidak bisa download aplikasi di Play Store.

Namun jangan khawatir, dalam artikel berikut ini admin akan menjelaskan sejumlah penyebab dan cara mengatasi kenapa tidak bisa download aplikasi di Play Store.

Mengapa Tidak Bisa Download Aplikasi Di PlayStore?

Pernahkah kalian mencoba untuk mendownload aplikasi atau game di Google Play Store, tetapi tidak bisa mendownloadnya atau mengalami error?

Permasalahan tidak bisa download di Play Store ternyata cukup banyak terjadi tanpa melihat waktu dan situasi. Sehingga bisa membuat kalian panik.

Ternyata ada sejumlah penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Dimulai dari masalah koneksi internet, kapasitas ruang penyimpanan HP, hingga masalah aplikasi di Play Store.

Sebaiknya kalian mengetahui dahulu penyebab mengapa hal ini bisa terjadi di aplikasi Play Store kalian. penyebabnya mirip dengan download tertunda di Play Store.

Untuk lebih jelasnya, berikut admin jelaskan sejumlah penyebab dan cara untuk mengatasi masalah tidak bisa download di Play Store.

1. Koneksi Internet

Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya
Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya

Apapun alasannya, penyebab yang paling sering muncul dan menjadi utama di setiap permasalahan tidak bisa download aplikasi adalah koneksi internet.

Apabila jaringan internet milik kalian terhambat alhasil kalian akan mengalami masalah tidak bisa download di Play Store.

Sehingga upayakan kalian mengetes kecepatan koneksi internet atau tes koneksi internet yang ada di HP milik kalian agar tidak kebingungan saat mengalami masalah ini.

2. Memori Hp

Saking banyaknya aplikasi dan game yang terpasang pada perangkat kalian, tentu membuat memori HP penuh. Terlebih jika HP Android kalian punya spesifikasi terbatas.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah tidak bisa download di Play Store bisa saja terjadi.

Sehingga rajin-rajinlah untuk cek dan membersihkan isi HP milik kalian baik memori internal ataupun memori SSD dari aplikasi ataupun data yang tidak digunakan untuk memperluas kapasita memori.

3. Aplikasi Google Play Store Belum Di Update

Siapa yang suka kelupaan atau tidak pernah update aplikasi Google Play Store di HP miliknya? Ternyata ini salah satu penyebab paling umum.

Kenapa para pengguna tidak bisa download di Play Store lantaran Google Play Store miliknya belum di update. Biasanya aplikasi miliknya sudah terlampau lama.

Sehingga sebelum kalian memulai untuk mendownload sebuah aplikasi atau layanan lainnya yang ada di Google Play Store.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah update aplikasi Google Play Store milik kalian dengan versi yang terbaru agar compatible dengan aplikasi yang hendak kamu download.

Cara Untuk Mengatasi Tidak Bisa Download Di Play Store

Coba langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki masalah di Google Play. Langkah-langkah ini dapat membantu jika kalian tidak dapat mendownload atau menginstal aplikasi atau game dari Google Play Store.

Berikut sudah admin rangkum sejumlah cara untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store. Simak baik-baik hingga selesai ya.

Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya
Penyebab Tidak Bisa Download Di Google Play Store & Cara Untuk Mengatasinya

1. Pastikan koneksi Data Seluler Atau Wi-Fi Yang Stabil

Pertama, pastikan kalian memiliki koneksi internet yang kuat. Sebaiknya kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi baik yang ada di rumah, kantor, atau kampus.

Jika kalian tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan kalian memiliki koneksi data seluler yang kuat. Pasalnya koneksi internet cukup berpengaruh bisa atau tidaknya kalian download di Play Store.

Apabila memungkinkan cobalah untuk melakukan tes kecepatan internet atau jaringan internet. Apabila koneksi sudah cukup kuat dan baik kemudian, coba download lagi.

2. Mulai Ulang Perangkat Atau Restart

Jika kalian masih tidak bisa download di Play Store setelah cukup yakin jika tidak ada masalah dengan koneksi internet, cobalah untuk restart HP atau perangkat kalian.

Bisa jadi ada masalah seperti glitch atau bug yang terjadi pada perangkat kalian yang membuat terhambat proses download aplikasi di Play Store.

Apabila kalian sudah melakukan proses restart pada perangkat milikmu. Cobalah buka kembali aplikasi Google Play Store dan coba download kembali.

3. Periksa Update Sistem Operasi Android

Sistem Android yang telah update dengan yang terbaru akan dapat membantu aplikasi seperti Google Play Store untuk berfungsi semestinya.

Jadi coba periksa update sistem Android perangkatmu milikmu apakah sudah yang terbaru atau masih merupakan versi yang lawas. Setiap tipe perangkat memiliki versi update yang berbeda.

Perlu untuk kalian catat, jika perangkat menjalankan Android 2.2 atau versi lebih lama, Google Play Store mungkin tidak berfungsi semestinya. Kalian perlu untuk hubungi produsen perangkat untuk mendapatkan bantuan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.