Demo Mahasiswa 11 April 2022 | Ini Alasannya

Demo Mahasiswa 11 April 2022 | Ini Alasannya

Iconewsmedia.com – Demo mahasiswa 11 April 2022 kini menjadi buah bibir masyarakat diseluruh penjuru negeri ini Indonesia.

dikutip dari berbagai sumber, demo ini di usung oleh koordinator BEM SI (Badan Ekslusif Mahasiswa Seluruh Indonesia) yang di lakukan secara besar-besaran di tangggal 11 April 2022 ini.

Diketahui pada hari ini Senin 11 April 2022 akan ada 1000 masa aksi yang terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia akan menggelar unjuk rasa.

Aksi demo tersebut tidak dari mahasiswa saja, namun semua elemen masyarakat Indonesia yang ingin ikut serta menyampaikan aspirasi dan tuntutan kepada pemerintah.

Awalnya, para mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI ini akan melakukan unjuk rasa di istana presiden, dimana menjadi tempat kediaman presiden.

Namun sebelum demo tersebut berlangsung pada hari ini Senin 11 April 2022, BEM SI memutuskan untuk berpindah lokasi unjuk rasa yang awalnya di Istana Negara menjadi di DPR-RI.

Pindahnya lokasi demo tersebut telah diumumkan oleh BEM SI di akun Instagram nya @bem_si pada hari minggu 10 April 2022 kemarin.

Baca juga:

6 Tuntutan Mahasiswa Saat Demo 11 April 2022

Demo tersebut tak lain untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan kepada pemerintah dalam menjalankan masa jabatannya hingga saat ini. Ini 6 tuntutan mahasiswa saat demo 11 april 2022.

  1. Mendesak dan menuntut presiden Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas menghianati konstitusi negara.
  2. Menuntut dan mendesak presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.
  3. Mendesak dan menuntut presiden Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.
  4. Mendesak dan menuntut presiden Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.
  5. Mendesak dan menuntut presiden Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.
  6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji -janji kampanye di sisa masa jabatannya.

6 tuntutan diatas tersebut ditujukan kepada jokowi-jk berdasarkan renacana awal yang akan menggelar aksi di depan istana kepresidenan.

Akan tetapi lokasi aksi berpindah ke gedung DPR-RI yang bertempat di Senayan, Jakarta pusat. Sehingga ada tuntutan lain yang ditujukan kepada DPR-RI.

Ada 4 tuntutan yang akan di orasikan di DPR-RI. Isi dari tuntutan yang akan disampaikan kepada anggota parlemen tersebut antara lain:

  1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.
  2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.
  3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.
  4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

Nah itulah informasi mengenai demo mahasiswa 11 April 2022 mengenai alasan dan tempat unjuk rasa yang akan digelar, terimakasih telah berkunjung.

You May Also Like

About the Author: Penulis Febi

Leave a Reply

Your email address will not be published.