Hari Bumi Earth Day 2022 Dengan Google Doodle Perubahan Iklim

Hari Bumi Earth Day 2022 Dengan Google Doodle Perubahan Iklim

Iconewsmedia.com – Hari bumi atau earth day 2022 ini bertepatan pada Jumat, 22 April 2022 hari ini. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dunia dalam memperingati hari penting ini.

Hari bumi adalah acara tahunan yang dilakukan setiap tanggal 22 April diseluruh dunia sebagai bentuk dukungan perlindungan lingkungan.

Adanya hari bumi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan alam bumi ini dari terjadinya kerusakan.

Salah satu kerusakan yang paling dominan adalah kerusakan iklim yang telah terjadi. Kerusakan iklim atau perubahan iklim ini adalah salah satu bentuk kerusakan yang terjadi dibumi ini.

Perubahan iklim adalah berubahnya suhu dan cuaca dalam waktu panjang. Salah satu pemicu berubahnya iklim ini adalah akibat ulah manusia sendiri.

Salah satunya yaitu pembakaran bahan bakar berupa batu bara, minyak dan gas yang terus menerus sehingga menghasilkan gas yang memerangkap panas.

Peringatan hari bumi ini juga dirayakan oleh google dengan menampilkan gambar google doodle perubahan iklim dari tahun 1995 hingga 2022.

Adapun gambar – gambar yang diambil merupakan gambar perubahan suatu wilayah yang sangat siginifikan dari berbagai penjuru dunia. Apa saja perubahan iklim yang diambil oleh google doodle ini? simak ulasannya dibawah ini yang berhasil dikutip dari laman Detik.

Baca juga:

Google Doodle Perubahan Iklim 2022 Untuk Hari Bumi Earth Day

Google doodle hari ini menggunakan tema beberapa gambar yang merupakan terjadinya perubahan iklim diseluruh dunia.

Ada 4 gambar perubahan iklim yang dijadikan gambar google doodle hari ini. Gambar tersebut diambil menggunakan citra dari google earth timelapse dan sumber lain, 4 gambar tersebut adalah:

  1. Cairnya gletser puncak gunung Kilimanjaro di Afrika.
  2. Cairnya gletser diwilayah Semersooq, Greenland.
  3. Perubahan warna koral dipulau Lizard, Australia.
  4. Hancurnya hutan diakibatkan serangan kumbang kulit kayu akibat naiknya suhu dan kekeringan yang ekstrim di hutan Harz, Jerman.

Dampak Perubahan Iklim

Ada banyak dampak yang terjadi jika berubahnya iklim. Dampak ini dapat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Salah satunya sangat berdampak bagi kehidupan manusia itu sendiri, mulai dari air, kesehatan, habitat, lahan pertanian dan juga ekosistem dipesisir.

Nah dibawah ini dampak dari perubahan iklim yang sudah terasa disluruh penjuru dunia:

  1. Air: menurunnya kualitas air akibat tingginya curah hijan dan berkurangnya kualitas air.
  2. Habitat: punahnya spesies yang ada di bumi mulai dari flora hingga fauna.
  3. Hutan: kebakaran hutan.
  4. Kesehatan: menyebarnya penyakit seperti malaria, kolera dan DBD; penipisan ozon yang menyebabkan penyakit kanker kulit, katarak dan turunnya daya tahan tubuh.
  5. Pertanian: berubahnya cuaca mengakibatkan suhu yang terlalu panas mengakibatkan ketersediaan air berkurang.
  6. Pesisir: tenggelamnya daerah pesisir karena meningkatnya volume air laut yang diakibatkan oleh mencairnya es di kutub bumi.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai hari bumi earth day 2022 dengan google doodle perubahan iklim yang dapat admin bagikan informasinya, terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Penulis Febi

Leave a Reply

Your email address will not be published.