Agama Tentatif Yang Lagi Viral Di Sosmed

Agama Tentatif Yang Lagi Viral Di Sosmed

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Akhir-akhir ini dunia media sosial sedang dihebohkan dikarenakan munculnya sebuah istilah baru, yaitu agama tentatif.

Istilah pastinya dapat membuat banyak orang bertanya-tanya tentang agama tentatif dan lantas mencari tahu penjelasannya.

Berbagai sumber yang menjelaskan pengertian  agama tentatif banyak dicari orang termasuk mencari tahu asal-usul kata tersebut dalam kamus besar bahasa Indonesia.

Penjelasan Agama Tentatif

Agama tentatif terdapat dua suku kata, yaitu agama dan tentatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia. kata “agama” artinya adalah ajaran.

Sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia serta lingkungannya.

Agama secara bahasa berarti  sesuatu yang tetap atau tetap ditempat. Oleh karena itu definisi ini wajar jika agama memiliki sifat yang turun temurun.

Pendapat lain menyatakan bahwa agama berarti teks atau kitab suci, dan memang setiap agama memiliki kitab suci.

Kata Din dalam bahasa Semit berarti undang-undang atau hukum. Dalam bahasa Arab kata ini memiliki makna menguasai, menundukkan, patuh , hutang, balasan, kebiasaan.

Jika dilihat dari definisi ini maka memang dalam agama membawa peraturan yang merupakan hukum, dan agama.

Sebagaimana dalam bahasa Arab memang bersifat menguasai diri seseorang untuk tunduk dan patuh pada Tuhan dengan menjalankan ajaran-ajaran agama.

Dari beberapa istilah di atas maka agama secara istilah didefinisikan dengan mengikatkan diri pada suatu bentuk hidup.

Yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada di luar diri manusia dan yang mempengaruhi perbuatan-perbuatan manusia.

Arti Kata Tentatif Menurut KBBI

Sedangkan untuk arti kata tentatif sendiri menurut KBBI adalah Belum pasti, atau masih bisa berubah nantinya. Atau bisa juga sementara waktu penonaktifannya yang bersifat sementara.

Maka jika di simpulkan, agama tentatif merupakan ajaran/kepercayaan yang bisa beruabah sewaktu-waktu atau bersifat sementara.

Sebagai informasi tambahan, Negara Indonesia merupakan negara dengan landasan negaranya yaitu Pancasila.

Dan agama merupakan suatu pondasi dalam negara Indonesia yang merujuk pada pasal pertama dalam Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Indonesia merupakan negara religius, dimana masyarakatnya terdiri dari beberapa suku dengan agama-agama berbeda dan sudah identitas agam tersebut sudah di akui di Indonesia.

Dan ini adalah agama yang telah diakui di Indonesia antara lain Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.