Lagi Viral Aplikasi Socialspy WhatsApp Untuk Menyadap

Lagi Viral Aplikasi Socialspy WhatsApp Untuk Menyadap

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Aplikasi untuk menyadap whatsapp milik orang lain memang pada saat ini masih banyak dicari pengguna whatsapp.

Alasannya pun cukup beragam, misalnya untuk menyadap percakapan pasangan atau pengguna yang lain untuk alasan tertentu.

Meskipun, hal ini dinilai sangat tidak baik di karenakan menyadap sosial media orang lain adalah hal yang melanggar privasi seseorang.

Lagi Viral Aplikasi Socialspy WhatsApp Untuk Menyadap

Salah satu software yang disebut-sebut bisa menyadap chat whatsapp milik pengguna lain adalah software SocialSpy whatsapp.

Apabila mencarinya di Google, hasil pencarian akan mengarah ke sebuah tools yang disebut-sebut mampu mengecek atau mengintip riwayat percakapan pengguna whatsapp yang ditargetkan.

Jika kalian mengklik situsnya, hanya muncul laman yang menampilkan logo whatsapp beserta cara menyadap whatsapp pengguna lain.

Menurut tutorial yang dipaparkan, bagaimana cara menyadap whatsapp dimulai dengan memasukkan nomor ponsel target yang ingin disadap.

Kemudian, pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi, agar bisa mengintip riwayat chatting akun whatsapp target.

Beresiko Terkena Scam

Lagi Viral Aplikasi Socialspy WhatsApp Untuk Menyadap
Lagi Viral Aplikasi Socialspy WhatsApp Untuk Menyadap

Proses verifikasi rupanya hanya kedok belaka. Menurut pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, SocialSpy WhatsApp sebenarnya hanya aplikasi scam atau penipuan.

Aplikasi scam sendiri merupakan aplikasi yang menyamar sebagai aplikasi lain, di mana dalam kenyataannya, fungsi utama si aplikasi tidak sesuai dengan deskripsinya.

Aplikasi ini akan menipu para calon korban, dengan cara mengarahkan para korban ke situs iklan berkedok verifikasi.

“Ini adalah scam. Jadi, korban dikelabuhi dengan layar animasi seakan-akan proses memata-matai nomor yang diincarnya berjalan,” kata Alfons melalui pesan singkatnya, Selasa (17/5/2022).

“Ketika aplikasi (SpocialSpy WhatsApp) dibuka, pengguna malah diarahkan ke situs iklan berkedok verifikasi,” imbuhnya.

Jika salah satu dari pilihan survey ini diklik, maka nantinya pengguna justru akan diarahkan pada situs iklan tertentu.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa situs ini tidak memiliki fungsi menyadap seperti yang ramai dibicarakan saat ini.

SocialSpy hanya sebuah situs iklan yang mengarahkan pengunjung untuk mengeklik salah satu menu tersebut dan memberikan keuntungan bagi pembuat aplikasi SocialSpy.

“Kalau (iklannya) diklik, pembuat scam ini akan mendapatkan keuntungan finansial dari klik iklan tersebut,” jelas Alfons.

Ada Baiknya Untuk Tidak Diinstal

Alfons mengimbau, sebaiknya aplikasi SocialSpy whatsapp ini tidak kalian unduh, bahkan diinstal di perangkat milik kalian.

Sebab, aplikasi ini tidak akan memberikan fungsi utama seperti yang diiming-imingkan, yakni menyadap akun whatsapp orang lain.

Kemudian, aplikasi ini hanya jebakan yang justru mengarahkan pengguna ke situs iklan, di mana yang diuntungkan hanya pihak pengembang, sepeti yang dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, aplikasi tidak resmi semacam SocialSpy whatsapp ini juga berisiko melakukan pencurian data pribadi dan juga membawa malware yang berbahaya untuk ponsel.

Menurut Alfons, sebenarnya tidak ada software khusus yang dapat diinstal dengan aman secara gratis untuk menyadap akun whatsapp.

Hal tersebut dikarenakan whatsapp sendiri memiliki fitur end to end encryption yang berguna untuk mengamankan pesan teks, gambar, suara, atau video.

Yang artinya dimana hanya sang penerima dan sang pengirim yang dapat mengakses pesan tersebut. Bahkan, pihak WhatsApp pun tidak dapat mengetahui pesan yang terkirim atau diterima pengguna.

Alfons pun menambahkan, jika memang ada aplikasi untuk menyadap whatsapp, kemungkinan software tersebut diproduksi oleh perusahaan besar dan kecil kemungkinan akan bisa digunakan secara cuma-cuma oleh publik, alias tidak gratis.

Selain itu, jika ada aplikasi penyadap, kemungkinan hanya pihak berwenang seperti Badan Intelijen Negara yang bisa menggunakannya secara legal.

Sementara itu, pengguna publik disarankan untuk tidak melakukan penyadapan whatsapp demi menghargai privasi pengguna lain.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.