Sharing Password Netflix Akan Dilarang Karena Membuat Netflix Rugi Besar

Sharing Password Netflix Akan Dilarang Karena Membuat Netflix Rugi Besar

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Salah satu layanan penyedia video streaming yaitu Netflix memang memiliki fitur berbagi password di antara penggunanya.

Dengan fitur ini, satu akun bisa dipakai oleh beberapa orang sehingga masing-masing anggota keluarga bisa menyimpan film favoritnya masing-masing.

Kebijakan Netflix ini memang mengijinkan berbagi akun ekstra untuk anggota keluarga, namun berbagi akun dengan cara lain sangatlah dilarang.

Sharing Password Netflix Akan Dilarang Karena Membuat Netflix Rugi Besar

Berbagi akun atau bahkan sampai menjual akun dengan harga yang cukup murah secara terang-terangan di online shop.

Namun, akibat kebiasaan berbagi password ini, jumlah pelanggan yang berbayar di Netflix turun drastis pada awal tahun ini.

Laporan keuangan Netflix kuartal ke 1 tahun 2022 merilis data bahwa Netflix kehilangan jumlah pelanggan hingga 200.000 dari seluruh dunia.

Netflix memperkirakan saat ini ada sekitar 222 juta akun pelanggan rumah tangga yang mengakses layanannya.

Namun, akun Netflix tersebut juga dibagikan ke lebih dari 100 juta rumah tangga lainnya, dengan cara berbagi password.

Akan Ada Biaya Tambahan

Maka dari itu Netflix berencana memungut biaya tambahan bagi pengguna yang sering berbagi akun untuk menonton film di Netflix di luar keluarganya.

Netflix sedang menguji fitur baru agar pelanggan paket standar dan premium bisa menambahkan sub akun hingga dua orang lain. Fitur ini sedang diuji di beberapa negara, yakni Chile, Peru, dan Kosta Rika.

Fitur baru ini, pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 41.069 di Chile, sekitar Rp 42.883 di Kosta Rika dan sekitar Rp 30.000 di Peru.

Beberapa pengguna ternyata sudah “diblokir” Netflix sehingga tidak bisa diakses, yang diberitahukan lewat notifikasi berisi syarat yang harus dipenuhi agar bisa kembali menonton Netflix.

Notifikasi tersebut berisi pesan jika seseorang tidak tinggal dengan pemilik akun, maka dia perlu memiliki akunnya sendiri supaya bisa menonton.

Notifikasi tersebut juga menawarkan pilihan langganan gratis selama 30 hari asalkan membuat akun sendiri.

Namun ternyata kebijakan baru Netflix terkait berbagi akun dan password ini tak disukai beberapa pelanggan, sehingga ada yang berhenti berlangganan.

Netflix Menghadirkan Iklan

Kerugian akibat praktik berbagi password itu membuat Netflix akan bertindak tegas, yang diketahui lewat bocoran memo perusahaan yang dikirim ke karyawan pada Selasa (10/5).

Namun belum jelas bagaimana teknisnya atau apa sanksi yang akan diterima pelanggan yang melanggar.

Netflix juga berencana memberikan pilihan berlangganan murah namun menampilkan iklan.

Menurut The New York Times, tampilan iklan ini akan dimulai segera di kuartal-IV 2022, artinya bisa berlaku akhir tahun ini.

Sebelumnya, Co-CEO Netflix, Reed Hastings pernah mengatakan bahwa pilihan berlangganan dengan iklan tidak akan tersedia dalam satu atau dua tahun ke depan.

Namun belum ada informasi apa alasan Netflix mempercepat dua rencana penting itu, yaitu berbagi akun dan berlanggan dengan iklan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.