Kominfo Memblokir 7 Situs Besar

Kominfo Memblokir 7 Situs Besar

Iconewsmedia.com – Kominfo Memblokir 7 Situs Halo ketemu lagi sama admin yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru untuk kalian.

Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo menepati janjinya untuk blokir 7 situs ternama karena tidak melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat.

Penasaran apa saja 7 situs ternama yang masuk dalam daftar blokir dari Kominfo? Berikut ini daftar nama 7 situs masuk dalam keranjang blokir Kominfo tersebut.

Adapun situs yang Kominfo Blokir adalah Steam, Epic Games, Dota, Counter Strike dan Origin. Upaya blokir ini merupakan janji Kominfo dalam menegakkan aturan.

Kominfo Memblokir 7 Situs Besar

Pemblokiran platform digital yang tidak melakukan pendaftaran hingga tenggat akhir mulai Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB tadi malam.

Sabtu pagi, terdapat tujuh layanan internet, game, dan platform distribusi game yang telah Kominfo blokir mulai hari ini.

Berikut daftar situs dan aplikasi yang Kominfo Blokir karena tidak melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat:

1. Yahoo
2. PayPal
3. Epic Games (platform distribusi game)
4. Steam (platform distribusi game)
5. Dota (game)
6. Counter Strike (game)
7. Origin (EA)

Ketujuh platform digital tersebut mulai di blokir Kominfo karena belum juga mendaftarkan diri ke Kominfo setelah di kirimi surat teguran.

Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dalam kebijakan PSE Kominfo itu, bila tak segera mendaftar sesuai tenggat yang ditentukan, PSE Lingkup Privat bakal di anggap ilegal dan akses layanannya bisa di blokir di Indonesia.

Layanan keuangan PayPal sebenarnya sudah melakukan pendaftaran dan sudah tercatat pada halaman PSE Kominfo (pse.kominfo.go.id).

Namun, PayPal terpantau tidak bisa di akses alikasi terblokir dan malah tercatat sebagai situs terlarang pada situs Trust Positif Kominfo.

Kominfo Blokir Steam, Tagar #BlokirKominfo Trending Topic Twitter

Kominfo Memblokir 7 Situs Besar
Kominfo Memblokir 7 Situs Besar

Sejumlah platform, mulai dari Steam hingga Paypal di blokir Kementerian Kominfo. Warganet bereaksi cepat setelah mengetahui pemblokiran itu dan tagar #BlokirKominfo trending topic Twitter.

Tagar #BlokirKominfo trending di Twitter hingga Sabtu siang pukul 11:05 WIB. Kebanyakan warganet menyayangkan pemblokiran tersebut dan menyebut banyak pihak yang rugi karena keputusan tersebut.

Beberapa dari mereka juga bingung dengan pemblokiran tersebut. Sebab banyak platform game yang di blokir, padahal untuk membeli game di kenakan pajak, namun pada akhirnya di blokir.

Paypal, platform pembayaran, juga jadi salah satu yang di blokir. Beberapa pengguna Twitter yang menyatakan sejumlah masyarakat yang mencari nafkah melalui layanan tersebut dan menyayangkan aksi pemblokiran tersebut.

Berdasarkan data per tanggal 30 Juli 2022 pukul 07:59 di laman pse.kominfo.go.id, terdapat 288 PSE asing dan 8.721 PSE domestik yang mendaftar.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.