Apa Arti Kata Ghosting Di TikTok??

Apa Arti Kata Ghosting Di TikTok??

Iconewsmedia.com – Arti Kata Ghosting Halo ketemu lagi sama admin yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru untuk kalian.

Teknologi informasi yang berkembang pesat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya anak muda yang menggunakan istilah atau kata asing dalam penggalan kalimat mereka.

Misalnya “bro” ketika menyapa teman yang merupakan singkatan brother. Kemudian berupa singkatan-singakatan dari Bahasa Inggris, seperti FYI (for your information) yang berarti memberi sebuah informasi.

Contoh ungkapan tersebut seringkali ditemukan dalam berbagai media sosial (TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, dll.) dalam beragam kebutuhan baik itu secara tertulis atau verbal.

Arti Kata Ghosting di TikTok?

Menurut Oxford Learner’s Dictionary, ghosting adalah praktik mengakhiri hubungan pribadi dengan seseorang secara tiba-tiba, menghentikan segala kegiatan komunikasi tanpa adanya kejelasan.

Berdasarkan definisi diatas, istilah tersebut megindikasikan seseorang yang menghilang begitu saja, baik itu dari segi komunikasi, kontak, kehadiran, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sebuah hubungan.

Biasanya seseorang dianggap melakukan ghosting ketika tidak adanya kabar sama sekali mengenai dirinya. Bahkan tidak ada satupun relasi ataupun kontak yang bisa dihubungi melalui media sosial atau lainnya.

Istilah itu seringkali dihubung-hubungkan dengan kasus percintaan dimana salah seorang dari pasangan hilang tanpa jejak. Setelah itu, tidak diketahui kabarnya selama berhari-hari bahkan lebih.

Pada media sosial TikTok, banyak orang yang menggunakan istilah itu. Misalnya ketika memiliki seorang kekasih yang sebelumnya sering chatting, tiba-tiba tidak seperti biasanya dan kolom chat menjadi sepi.

Intinya ghosting dapat digambarkan ketika ada seseorang yang tidak memberi kejelasan maupun kabar dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya dalam percintaan saja, namun dalam kehidupan sosial lainnya.

Penggunaannya tidak ada unsur negatif, ataupun mengandung kata umpatan. Istilah ghosting sangatlah simpel ketika dipakai dalam pesan maupun percakapan sehari-hari.

Dalam bahasa gaul atau slang, kata ghosting terlihat terdengan keren dan mudah dimengerti oleh orang lain. Karena layaknya ghost (hantu), seseorang bisa menghilang begitu saja tanpa sebab apapun.

Kenapa Seseorang Melakukan Ghosting?

Perilaku ghosting sangatlah rentan dalam hubungan percintaan, apalagi yang menjalaninya secara online. Bukan hanya dalam hubungan percintaan, perilaku tersebut juga bisa terjadi dalam pertemanan, pekerjaan, dan lainnya.

Pastinya, seseorang melakukan perilaku tersebut bukan tanpa alasan. Nah, dibawah ini ada 5 alasan kenapa cewek ataupun cowok melakukan ghosting:

1. Menghindari Drama yang Tidak Penting

Sebuah hubungan pertemanan, persahabatan, ataupun percintaan biasanya terdapat drama-drama yang justru memperkeruh keadaan, seperti bercanda terlalu berlebihan, berpura-pura, dan lainnya.

Sesuatu yang dianggap menimbulkan prasangka buruk hingga berakhir pertengkaran, alangah baiknya untuk dihindari dan tidak ikut campur sehingga membuat seseorang diam saja dan seolah tak terlihat.

2. Menghindari Jawaban dari Pertanyaan

Menghindari sebuah pertanyaan bisa dibilang adalah perilaku yang buruk dan tidak terhormat. Namun hal ini seringkali diatasi dengan tidak memberikan jawaban sama sekali dan malah menghilang begitu saja.

Biasanya seseorang tidak menjawab pertanyaan dikarenakan terlalu sulit dan bimbang ingin menjawab ke arah mana. Sehingga lebih banyak mencari alasan daripada jawaban yang tegas.

3. Merasa Bersalah

Apa Arti Kata Ghosting Di TikTok??
Apa Arti Kata Ghosting Di TikTok??

Masalah selalu ada dalam kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan sosial yang setiap waktu dijalani. Rasa bersalah hendaknya bisa diatasi dengan mengakui kesalah dan meminta maaf, baru menerima konsekuensinya.

Namun dalam beberapa kasus, banyak orang yang tidak mau mengakui kesalahan karena takut akan perbuatannya. Bukannya menghadapi masalah, malah menghindar dan melakukan ghosting.

4. Sedang Mencari Hal yang Baru

Rasa bosan seringkali membuat seseorang mencari hal yang baru untuk dilakukan. Sehingga meninggalkan hal yang dahulu ia lakukan. Begitupun dengan hubungan sesama manusia.

Mencari teman yang baru dengan kebiasaan berbeda, bisa jadi adalah penyebab seseorang melakukan ghosting sehingga meninggalkan teman yang lama secara pelan-pelan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.