Pada Tanggal Berapa Hari Santri Nasional Dirayakan ?

Pada Tanggal Berapa Hari Santri Nasional Dirayakan ?

Iconewsmedia.com – Hari Santri Nasional Halo ketemu lagi sama admin yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru untuk kalian.

Hari Santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022 mendatang. Ini merupakan peringatan untuk para santri di seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober pertahunnya dan berlangsung sejak 1945. Artinya usianya sama dengan Hari kemerdekaan Indonesia yakni ke 77 di tahun 2022.

Hari Santri Nasional 2022, jatuh pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 atau 26 Rabiul Awal 1444 Hijriyah. Lalu, bagaimanakah sejarah Hari Santri Nasional?

Sejarah Hari Santri Nasional

Mengutip dari berbagai sumber, saat Jepang menguasai Indonesia, Belanda melarikan diri ke Australia dengan membentuk kekuatan baru yang disebut NICA.

Terbentuk 3 April 1944 yang awalnya bertugas sebagai penghubung antara Pemerintah Kolonial Belanda di pengasingan dengan Komando Tertinggi Sekutu di Wilayah Pasifik Barat daya.

Selain itu NICA berusaha mempersenjatai kembali KNIL atau Kininklijk Nerderlands Indisch Leger yang ditempatkan di tempatkan di Indonesia.

Namun, orang-orang NICA dan KNIL yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Bandung mengadakan provokasi sehingga memancing kerusuhan.

Dengan cara diplomasi, Indonesia berusaha mengambil alih kekuatan Belanda dengan memperkuat persenjataan.

Pada saat itu KH. Hasyim Asy’ari telah menjadi tokoh nasional, mampu memimpin dan mengarahkan masyarakat untuk bangkit melawan kezaliman yang dilakukan para kolonial.

KH. Hasyim Asy’ari akhirnya menyerukan jihad untuk membela tanah air, itulah mengapa Hari Santri Nasional tak lepas dari istilah Resolusi Jihad.

KH. Hasyim Asy’ari mengatakan bahwasannya membela tanah air dari penjajah hukumnya adalah wajib atau fardhu ‘ain bagi setiap insani.

Seruan jihad KH. Hasyim Asy’ari membakar semangat para santri Surabaya, yang kemudian mereka membakar markas Brigade 49 dan membuat marah angkatan perang Inggris.

Ini ada hubungannya dengan puncak kejadian pemberontakan para warga Surabaya pada pertempuran 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Ya, para santri di bawah kepemimpinan KH. Hasyim Asy’ari kala itu turut serta dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia di Surabaya.

Mengingat banyaknya peristiwa yang diawali dari pelopor KH. Hasyim Asy’ari akhirnya mendeklarasikan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945, yang diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari para santri dan ulama, sebab bukan hanya tentara tetapi juga banyak ulama dan santri yang tercatat turut andil dalam mengusir penjajah.

Menyampaikan fakta bahwa berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak lepas dari peran besar dan perjuangan para ulama dan santri, sejarah Resolusi Jihad ini harus disampaikan kepada generasi muda.

Sejarah dapat mengungkap hal-hal fiktif, mengungkap hal-hal yang benar terjadi dan hingga saat ini masih disalah artikan oleh masyarakat awam.

Sehingga apa-apa yang terjadi dalam peristiwa sejarah harusnya terus diwariskan. Itulah tadi pengertian hari Santri 2022 dan sejarah Hari Santri Nasional 2022.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.