Begini Cara Menggunakan Rapor Pendidikan

Begini Cara Menggunakan Rapor Pendidikan

Iconewsmedia.com – Rapor Pendidikan Halo ketemu lagi sama admin yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru untuk kalian.

Platform Rapor Pendidikan adalah bentukan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia. Berikut ini adalah cara menggunakannya.

Platform Rapor Pendidikan merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19. Platform ini menampilkan data kualitas satuan pendidikan dari berbagai asesmen dan survei nasional.

Hadirnya Rapor Pendidikan untuk menyempurnakan rapor mutu sebelumnya. Dengan menggunakan platform ini, satuan pendidikan tidak perlu melakukan pengisian data ke aplikasi.

Kelebihan Menggunakan Rapor Pendidikan

Mengutip dari Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia, ada beberapa kelebihan menggunakan platform Rapor Pendidikan, yakni sebagai berikut:

  • Dapat dijadikan sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindaklanjut peningkatan kualitas pendidikan.
  • Menjadi satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional.
  • Alat ukur berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar sebagai output.
  • Sumber data objektif dan andal, sebab laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.
  • Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara menyeluruh, mulai dari evaluasi internal dan eksternal.

Menyajikan data terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain sehingga dapat meringankan beban administrasi.

Siapa Saja Yang Dapat Mengakses Rapor Pendidikan?

Platform ini hanya bisa diakses oleh kepala dan operator satuan pendidikan serta pejabat dinas yang ditunjuk. Jelas bahwa pelajar tidak bisa mengakses platform yang dilundurkan Kemendikbudristek ini.

Untuk sementara, tenaga pendidik, satuan pendidikan dan kantor wilayah dibawah Kementerian Agama, Satuan Pendidikan Satu Atap (SLB Satu Atap dan PKBM Satu Atap) belum bisa mengakses platform ini.

Kepala atau operator satuan pendidikan bisa mengakses platform inin dan menjadikannya sebagai acuan sebelum melakukan perencanaan anggaran tahunan satuan pendidikan.

Selain itu, Rapor Pendidikan juga bisa diunduh dalam bentuk laporan berkas Excel. Tentu ini akan memudahkan satuan pendidikan dalam memeriksa dan menganalisis isi dari platform.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.