Tulisan Afi Nihaya Yang Viral Karena Adanya Dugaan Plagiarisme

Tulisan Afi Nihaya Yang Viral Karena Adanya Dugaan Plagiarisme

Beberapa Tulisan Afi Nihaya Yang Viral

1. Belas Kasih Dalam Agama Kita

Tulisan ini di unggah Afi Nihaya pada 25 Mei 2017 di sebut hasil ‘mencontek’dari status Facebook Mita Handayani dengan tajuk ‘Agama Kasih’ yang di buat pada tahun 2016 lalu.

Afi secara khusus tidak menyebut tulisan itu hasil mencotek karya Mita, meski demikian dia meminta maaf secara umum.

Pemilik akun Facebook Mita Handayani yang namanya di sebut sebagai orang yang tulisannya di plagiat oleh Afi sebetulnya tak permasalahkan tulisannya ‘di contek’.

Bahkan, ia tak ingin isu ini semakin melebar. Hanya saja, dunia sudah begitu cepat bergerak, sehingga isu yang niatnya ingin ditutup rapat itu akhirnya terlanjur menyebar luar.

2. Media Sosial Bagai Warung Makan

Afi mengunggah tulisan ini di Facebooknya 8 Juni 2017. Netizen menemukan tulisan ini sama persis dengan unggahan akun Lembaga Perlindungan Konsumen CELEBES pada 31 Desember 2016.

Unggahan di akun Lembaga Perlindungan Konsumen Celebs itu banyak mendapat komentar. Sebagian menilai Afi melakukan plagiarisme, sebagian lagi menilai akun tersebut yang memplagiat tulisan dari blog Afi.

Ada juga komentar yang menyebut tulisan “Warung Makan” sudah di tulis Afi di Facebooknya 7 September 2016 lalu. Tulisan tanggal 8 Juni 2017 merupakan unggahan ulang dari tulisan sebelumnya.

3. Agama Facebook

Tulisan tentang ‘Facebook’ ini diunggah Afi pada 28 November 2016. Tulisan Afi tentang “Facebook’ ini di sebut mirip dengan tulisan di blog Ekoholic yang di tulis Selasa, 24 Februari 2015 dengan judul Agama Facebook.

4. Puisi Pernahkah Kau

Syifa Ann menulis di kompasiana dengan judul “Afi Sayang, Kenapa Bongkar Pasang Puisi Orang?” pada 9 Juni 2017.

Tulisan Syifa ini menjelaskan bahwa Afi telah mengutip puisi dari buku Chicken Soup For Teenage Soul on Tough Stuff.

Afi mengunggah puisi itu pada 7 Maret 2017, namun Afi tidak mencantumkan sumber dan mengklaim puisi itu merupakan karyanya.

Namun Afi kemudian meminta maaf menyusul cukup banyaknya reaksi atas tudingan plagiarisme terbaru itu.

Lewat akun Facebooknya, Afi mengunggah tulisan yang berjudul “This is My Apology”. Di dalamnya dia menjelaskan bahwa dia telah ganti nomor karena banyak menerima pesan bernada sinis.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.