Cara dan Tips Sukses dalam Usaha Coffee Shop

By | February 15, 2021

ICONEWSMEDIA.COM – Bagi orang perkotaaan, kini dalam meminum kopi sudah menjadi gaya hidup yang kemudian sekarang berkembang menjadi trend di semua kalangan, sebut saja mulai dari remaja, mahasiswa, pekerja kantoran, serta masyarakat umum. Kebanyakan Orang-orang menjadikan coffee shop tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi saja, tetapi juga untuk nongkrong bareng teman-temannya, bahkandalam mengerjakan pekerjaan kantor dan melakukan pertemuan penting sekalipun.   

Maka tidak heran kalau banyak bermunculan coffee shop baru di berbagaitempat di kawasan perkotaan, karena memang peluang usaha coffee shop ini sungguh menjanjikan untuk di geluti.

Apakah kalian tertarik untuk menjalankan usaha coffee shop? Ada baiknya kalian simak dulu, beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum kalian memulai usaha ini.

Menentukan konsep

Di tengah menaiknya usaha coffee shop ini, penting buat kalian untuk memikirkan konsep secara matang agar coffee shop milik kalian bisa stand out diantara yang lain dan menarik buat pelanggan. Menentukan konsep sebaiknya disesuaikan dengan modal yang kalian miliki. Kalian bisa memulainya dengan konsep yang sederhana tetapi, nyaman untuk bersantai dikarenakan biasanya orang pergi ke coffee shop untuk bersantai sejenak di tengah padatnya aktivitas yang dilakukannya, dan banyak juga yang ingin mencari tempat yang tenang untuk mengerjakan pekerjaannya. Belum tentu semua orang suka dengat tempat yang mewah, karena sebenarnya yang kebanyakan cuma mencari tempat yang nyaman untuk berlama-lama duduk dan mengobrol saja.

Dalam merancang konsepnya, kalian bisa mulai dengan memikirkan hal-hal berikut:

–  Target Market : Menentukan target market dari awal akan memberi kalian gambaran tentang konsep coffee shop seperti apa yang akan kalian buat nantinya. Jika target kalian adalah remaja dan mahasiswa maka kalian bisa desain tempat, jenis kopi dan untuk harganya kalian bisa tentukan / sesuaikan dengan selera dan kemampuan mereka, dan akan berbeda halnya jika kalian menyasar pekerja kantoran atau orang dengan usia yang lebih dewasa.

Area di sekitar lokasi : Jika kalian mendirikan coffee shop di tengah daerah perkantoran yang sibuk contohnya, mungkin kalian harus menyediakan layanan ‘take away’ dan ‘delivery’. Kalian juga bisa menyediakan ruangan khusus untuk meeting atau pertemuan kecil-kecilan. Kalian pun juga bisa menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan coffee shop yang terletak di area kampus – kampus.

Menyediakan makanan atau tidak? : Jika kalian berencana menyajikan menu makanan, maka pikirkanlah apakah akan membeli makanan dari pihak lain atau kalian membuatnya sendiri.

Menentukan varian kopi

Lakukanlah “riset” kecil-kecilan untuk menentukan jenis kopi yang akan kalian sajikan nantinya di coffee shop kalian, dengan cara sering-sering berkunjung ke beberapa coffee shop yang paling recommended, yang memiliki konsep yang serupa atau mirip dengan coffee shop yang kalian rencanakan, lalu kalian pesanlah racikan yang paling populer di sana. Hal ini setidaknya memberikan kalian gambaran mengenai kecenderungan varian kopi yang banyak dipilih dan disukai oleh para pelanggan.

Dari hasil riset yang telah kalian lakukan bisa juga membantu kalian mengetahui keunggulan dan kekurangan dari varian kopi yang disajikan dari coffee shop lainnya, sehingga kalian bisa membuat varian kopi dengan jenis yang sama tapi dengan rasanya yang lebih enak.

Carilah supplier biji kopi yang tepat

Hal yang paling penting yang kalian lakukan sebelum memulai usaha coffee shop adalah mencari penyedia biji kopi yang berkualitas. dalam memilih biji kopi, penting untuk mempertimbangkan apakah kalian menyukai kopinya? Jika tidak, maka kemungkinan besar pelanggan kalian juga bakalan tidak akan suka.

Untuk bisa dapetin supplier yang tepat kalian bisa menyisihkan waktu luang dan budget kalian yang lebih nih, dengan cara kalian bisa langsung mengunjungi daerah asal tempat kopi tersebut dihasilkan.

Kalaupun kalian tidak bisa mengunjungi daerah-daerah tersebut, maka carilah informasi atau kontak supplier yang bisa kalian percaya. Kalian bisa meminta tester terlebih dahulu. Jika cocok dengan rasa dan harganya, barulah kalian bisa membahas kerjasama lebih lanjut.

Menyusun rencana usaha

Rencana bisnis atau business plan mencakup banyak hal-hal penting mengenai usaha yang akan dijalankan, misalnya konsep coffee shop, target market dan riset mengenai kondisi pasar ataupun kompetitor. 

Business plan tidak hanya akan membantu kamu untuk mulai menjalankan coffee shop tersebut, tapi juga dibutuhkan saat kamu mencari modal tambahan.

Menyiapkan modal

Dalam membuka usaha coffee shop ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit lo, minimalnya sekitar Rp20 juta-an. Dan itupun belum termasuk biaya sewa tempatnya. Jadi pastikan kalian memiliki modal yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang harus ada di coffee shop.

Kemungkinan kalian akan membutuhkan waktu 6 sampai 12 bulan sampai kalian bisa menikmati keuntungannya. Maka dari itu,kalian harus menyiapkan modal yang mencukupi kebutuhan biaya operasional sampai keuntungan usaha coffee shop kalian dapat menutupi biaya operasional tersebut. Untuk total biayanya, ada baiknya jika kalian mencari tahu terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam usaha semacam ini sebelumnya.

Dengan modal Rp20 juta, kalian sudah bisa membeli peralatan membuat kopi yang sederhana. Jika modal yang dimiliki masih sedikit, kalian bisa mengajak beberapa teman kalian untuk bergabung pada bisnis ini. Jangan lupa pastikan untuk buat perjanjian ya sebelum kalian memulai atau menjalankan usaha tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan di masa yang akan datang.

Kalian juga perlu memahami bahwa di awal berdirinya bisnis kalian ini, belum tentu kalian bisa langsung menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, kalian perlu memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, minimal untuk 6 bulan ke depan.

Selain mengajak teman-teman kalian untuk bergabung, cara lain dalam mengembangkan usaha adalah dengan mencari pinjaman yang terpercaya untuk tambahan modal.

Menentukan lokasi usaha coffee shop

Selain menyiapkan modal, menentukan lokasi juga memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu usaha. Pemilihan lokasi menjadi penentu usaha yang kalian jalankan berhasil atau tidaknya. Maka dari itu, kalian harus pandai mencari tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan. Usahakan berada di tengah-tengah keramaian.

Misalnya, kalian bisa memilih tempat-tempat yang seperti,dekat dengan kampus, sekolah, kantor maupun di mall. Sesuaikan pula pemilihan tempat dengan target market yang kalian tuju agar pasarnya tepat sasaran kalian inginkan.

Selain itu pertimbangkan apakah ada peraturan khusus di wilayah tersebut terkait usaha, serta melihat bagaimana persaingan di lokasi tersebut dengan usaha yang serupa, kalian juga perlu memperhatikan ruangan-ruangan yang akan kalian gunakan nantinya. Apa ada ruangan untuk dapur? Apakah sistem gasnya, air, dan pembuangannya sudah optimal? Apakah tempat parkirnya layak? Saat kalian telah menemukan lokasi yang tepat menurut kalian, sebaiknya kalian gunakan jasa notaris untuk membantu kalian bernegosiasi dan mengurus dokumen-dokumen yang akan kalian perlukan nantinya.

Perizinan usaha bisnis coffee shop

Saat membuka usaha ini, biasanya ada beberapa izin yang harus kalian dapatkan. Setiap kota biasanya punya syarat-syarat yang akan berbeda untuk mendapatkan izin tersebut. Mulai dari berkas-berkas seperti SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari pihak kepolisian.

Mendesain tempat dan mempersiapkan peralatan

Demi kenyamanan pelanggan kalian, desain tempat juga harus kalian perhatikan secara khusus. Kalian perlu memikirkan konsep desain yang ingin kalian perlihatkan kepada pelanggan kalian. Perhatikan juga style furniture yang akan kalian pilih ya. Selain tampak dari luar, perhatikan juga layout di bagian dalamnya yang tidak terlihat oleh pelanggan. Pikirkan juga bagaimana alur yang harus dijalankan oleh para staff untuk mencatat pesanan pelanggan kalian, membuat pesanan, dan menyajikannya.

Agar usaha coffee shop kalian berjalan dengan lancar, gunakanlah peralatan yang berkualitas namun tetap terjangkau dengan modal kalian. Mulai dari mesin grinder, ketel pemanas, dan masih ada banyak lagi. Jenis peralatan yang dibutuhkan oleh setiap coffee shop pasti akan berbeda-beda. Namun ada beberapa peralatan penting yang wajib kalian miliki.

Tak hanya mesin pembuatan kopi saja, beberapa perlengkapan pendukung juga kalian perlukan. Misalnya seperti, meja, kursi, cangkir, aksesori pemanis ruangan dan lainnya. Utamakan kreativitas kalian, agar peralatan yang akan digunakan tetap sederhana. Namun, bisa menarik perhatian banyak orang. Untuk interior, kalian tidak selalu membutuhkan yang baru. Agar kalian bisa meminimalisir pengeluaran, kalian bisa menggunakan barang-barang yang bekas dan kalian bisa recycle sendiri. Dengan sedikit kreativitas yang kalian miliki, barang bekas ini bisa kalian sulap menjadi tampilan yang baru dan berguna bagi kalian, contohnya, tong bekas yang bisa dijadikan bangku atau meja yang unik.

Membuat pembukuan keuangan usaha

Pembukuan keuangan menjadi hal yang paling penting kalian lakukan jika kalian ingin usaha coffee shop kalian cepat berkembang. Seperti catatan keuangan harian, kalian harus perhatikan sejak awal memulai usaha. Dari pembukuan keuangan, kalian bisa melihat laporan keuangan hariankalian, sehingga kalian dapat mengetahui sejauh mana usahamu menghasilkan keuntungan dan bagaimana kalian dapat mengendalikan arus kas dalam usaha kalian.

Pada saat usaha kalian sudah mulai berkembang, dan pembelian kalian akan semakin meningkat. Oleh karena itu, jumlah pemasukan dan hutang piutang kalian perlu diketahui secara akurat, agar kalian bisa menghitung marjin dan meningkatkan keuntungan secara maksimal.

Pada saat ini sudah banyak kok aplikasi yang bisa membantu kalian dalam menyusun pembukuan secara praktis,efesien, dan tentunya akurat.

Merekrut dan melatih staff

Pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah hal yang terpenting untuk kesuksesan usaha apapun, termasuk juga coffee shop. Sebelum memilih staff, sebaiknya kalian tentukan terlebih dahulu kualifikasinya seperti apa yang kalian harapkan dari para pelamar tersebut. Kalian juga harus mempertimbangkan, apakah kalian ingin melatih  para staff tersebut sendiri, atau lebih memilih yang lebih berpengalaman.

Saat kalian melatih staff, pastikan mereka belajar dengan baik cara membuat varian kopi dengan benar. Para pelanggan juga mungkin akan bertanya banyak tentang menu yang akan ditawarkan, jadi pastikan staff kalian mampu menjawab semua pertanyaan dari pelanggan nantinya.

Mulai publikasi sebelum coffee shop buka

Sebelum kalian memulai membuka coffee shop untuk publik, publikasikanlah terlebih dahulu coffee shop kalian di social media atau undang para food bloggers/influencers untuk menikmati kopi dan sajian di coffee shop kalian. Bisa juga kalian sediakan diskon spesial di hari pembukaan untuk menarik para pelanggan potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *