Download WA Bisnis Terbaru 2023

By | December 29, 2022

WA Bisnis – Hampir semua orang berkeinginan memiliki bisnis yang maju meskipun skalanya masih kecil – kecilan. Apalagi, dizaman sekarang semua kebutuhan sehari – hari mudah didapatkan secara online.

Banyak online shop ternama yang menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari – hari maupun kebutuhan lainnya. Baik digunakan untuk pribadi ataupun di jual lagi.

Hal ini dikarenakan harga yang diberikan oleh platform online shop tersebut sedikit lebih miring dibandingkan kita berbelanja langsung ketoko. Maka tak heran banyak orang – orang yang menjadi reseller dan menjualnya lagi pada pembeli baru.

Nah reseller ini akan membagikan foto produk yang akan dijualnya di medsos milikya, mulai dari facebook Instagram dan juga Whatsapp.

Pada Facebook, kamu dapat membagikannya di status atau kamu juga dapat menggunakan fitur yang yang bernama marketplace. Nah pada fitur ini, kamu dapat menjual barang maupun membeli barang dari seluruh pengguna Facebook.

Tidak hanya Facebook saja, medsos yang dinaungi oleh Meta Inc seperti Instagram dan Whatsapp juga memiliki fitur yang dikhususkan untuk berbisnis. Pada Instagram, kamu dapat mengaktfkannya pada pengaturan, sedangkan Whatsapp memiliki aplikasi yang berbeda dengan nama WA Business.

Mengenal WA Bisnis atau WA Business

WA Business adalah aplikasi mirip dengan WA biasa namun penggunaanya lebih khusus lagi. WA bisnis digunakan untuk para pembisnis baik perusahaan kecil maupun sedang untuk dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Sedangkan WA biasa digunakan untuk individu layaknya mesenger pada umumnya.Dengan adanya versi WA bisnis ini, mendapat respon yang positif dari semua masyarakat diantaranya para pemilik usaha online seperti reseller.

Tidak hanya itu saja, Whatsapp menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan dibanding aplikasi lainnya.

Maka tak heran jika dengan adanya WA Bisnis memudahkan para penjual online karena dapat memajang produknya pada menu dan juga dapat berinteraksi dan membalas pesan dengan cepat.

Fitur dan Kelebihan WA Bisnis

Pada Whatsapp bisnis ini, ada beberapa fitur unggulan yang membantu dan juga memudahkan para pembisnis salah satunya para penjual online dalam melakukan transaksi dan komunikasi dengan konsumen.

Whatsapp biasa dan WA bisnis tentunya memiliki kelebihannya masing – masing. WA biasa atau Whatsapp mesenger hanya untuk bertukar pesan baik secara chat ataupun video call secara pribadi.

Berbeda dengan WA bisnis yang memiliki kelebihan lebih menguntungkan untuk para pembisnis. Lalu apa saja kelebihan dari WA bisnis ini?. Berikut beberapa kelebihan dan juga fitur WA business yang telah Iconews rangkum dari beberapa sumber.

1. Profil Bisnis

Sama dengan WA biasa, WA Business juga memiliki profil. Namun profil pada WA ini lebih lengkap dengan menampilkan informasi terkait bisnis atau toko kamu.

Mulai dari deskripsi, jam operasioanal toko, alamat yang dilengkapi dengan Google maps, tampilan produk dan jasa yang ditawarkan, informasi kontak dan email, website dan media sosial yang kamu miliki.

Kamu juga dapat melengkapinya dengan memajang foto profil logo bisnis kamu agar terlihat lebih profesional.

2. Quick Replies

Saat kamu mendapat banyak pesan dari pelanggan dan kamu tidak sempat untuk membalasnya jangan khawatir, karena pada WA bisnis ini kamu dapat menggunakan fitur membalas pesan secara otomatis.

Kamu juga dapat mengatur pesan apa yang akan dikirimkan secara otomatis untuk menghemat waktu saat membalas pertanyaan yang sama dari para pelanggan.

3. Labels

Pada Whatsapp Business juga kamu dapat memberikan tanda pada setiap pelanggan dengan memberikan label. Labels ini sebagai kategori berdasarkan kelompok tertenu, misal pelanggan baru atau langganan.

4. Katalog

Kamu juga dapat membuat katalog pada profil kamu. Dengan menampilkan beberapa produk unggulan pada profil, maka konsumen akan tahu dengan produk apa yang kamu jual.

Hal ini memudahkan kamu untuk tidak perlu membagikan foto satu persatu pada setiap konsumen. Kamu dapat mengatur katalog dengan lebih dari 400 foto.

5. Short Link

Pada WA bisnis juga, kamu dapat membagikan link yang dapat disimpan di profil atau langsung dengan pesan ke konsumen. Namun link tersebut dapat di pendekan atau di singkat sehingga lebih mudah lagi.

6. Pesan Otomatis

Fitur ini hampir sama dengan Quick Replies, yaitu akan mengirim pesan balasan otomatis disaat konsumen memulai chat dengan kamu.

7. Broadcast

Fitur lainnya ialah Broadcast. Dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu repot repot mengirimi satu persatu pesan kepada pelanggan.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mengirim pesan kebanyak kontak tanpa ribet, sehingga saat ada info promo baru mengenai produk, kamu tinggal satu klik saja.

Selain itu, pada WA bisnis juga kamu dapat melakukan aktifitas lainnya antara lain:

  • Verifikasi akun WA Bisnis.
  • Fitur pesan pembuka (Greeting Message).
  • Fitur pesan tidak di tempat (Away Message).
  • Analisis data statistik & interaksi pelanggan.
  • Dapat terintegrasi dengan Facebook dan Instagram.
  • Fitur kode QR.
  • Versi lanjutan dengan dukungan API.

Cara Menggunakan Whatsapp Business

Selanjutnya, kamu tinggal menggunakan aplikasi ini untuk menjalankan usaha yang dimiliki lebih simple dan terkodinir. Bagaimana cara menggunakannya? ya tentunya kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Kamu dapat mengunduhnya di berbagai aplikasi pengunduh sesuai kebutuhan perangkat kamu mulai dari PlayStore maupun AppStore. Untuk kamu pengguna android, kamu dapat menggunakan Google Playstore. Sedangkan pengguna Iphone atau Apple, kamu dapat menggunakan Appstore.

Untuk kamu yang menggunakan PC atau laptop, juga dapat mengaksesnya ko. Cararanya dengan mengunjungi situs whatsapp web https://business.whatsapp.com/.

Kamu dapat menggunakan whatsapp bisnis dengan tahapan dibawah ini:

  1. Download aplikasi WA bisnis, bisa menggunakan link diatas.
  2. Setelah aplikasi terinstal kemudian buka. Lalu daftarkan nomor telepon.
  3. Izinkan akses ke kontak dan foto.
  4. Buat profil akun bisnis.
  5. Lengkapi profil bisnis.

Manfaat Dari WA Business

Saat menggunakan WA Bisnis ini, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat yang tentunya akan menguntungkan kamu sebagai pengguna. Manfaat – manfaat tersebut akan Iconews uraikan dibawah ini.

  1. Mempermudah komunikasi dengan konsumen atau pelanggan.
  2. Meningkatkan visibilitas bisnis.
  3. Meningkatkan ke efisiensian.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Business

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur pesan otomatis jangan khawatir, karena disini akan membahasnya hingga selesai.

Kamu perlu menyimak tutorial dibawah ini, agar tidak ada kesalahan yang membuat WA bisnis kamu menjadi kurang maksimal. Nah untuk tutorialnya simak dibawah ini.

  • Buka aplikasi WA Bisnis pada HP kamu.
  • Kemudian klik pengaturan yaitu ikon titik 3 pada ujung atas kanan.
  • Lalu pilih business tools.
  • Setelah itu pilih opsi “Quick replies” dan klik “add”.
  • Atur isi pesan yang akan dikirimkan secara otomatis ke pelanggan atau konsumen.
  • Setelah selesai, klik save atau simpan.
  • Selesai.

Cara Verifed Whatsapp Business (Mendapatkan Centang Hijau)

Mungkin kamu sering melihat akun Instagram, Twitter dan medsos lainnya yang memiliki centang hijau. Ternyata, pada whatsapp juga ada fitur semacam tersebut lho salah satunya Whatsapp Business ini.

Pada Instagram ataupun Twitter, centang hijau dimiliki oleh akun yang memiliki pengaruh dan kepercayaan yang kuat seperti artis, selebgram dan pejabat.

Sama dengan WA bisnis, centang hijau pada akun WA bisnis ini juga dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen dengan bisnis yang kamu miliki.

Karena jika akun WA Bisnis yang memiliki centang hijau lebih terlihat profesional dan terpercaya yang membuat konsumen lebih yakin bahwa bisnis tersebut resmi dan memiliki populeritas yang bagus.

Dengan adanya centang hijau ini, mengakibatkan banyak manfaat yang ditimbulkan sehingga tak heran jika banyak pembisnis yang menginginkan akunnya memiliki centang hijau.

Nah untuk mendapatkan centang hijau pada WA, kamu harus menggunakan whatsapp business API terlebih dahulu dengan cara bermitra dengan Mitra Resmi Whatsapp Indonesia.

Setelah itu, maka mereka akan membantu untuk mendaftarkan bisnis kamu pada pihak WA untuk mendapatkan centang hijau pada akun bisnis milik kamu.

Namun untuk mendapatkan centang hijau secara otomatis dari pihak Whatsapp membutuhkan proses yang cukup lama. Ada beberapa syarat tambahan yang harus rutin dilakukan.

Adapun, kamu dapat mendapatkan centang hijau secara cepat dengan mendaftarkan pada beberapa platform yang menyediakan jasa tersebut salah satunya Barantum.

Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut.

  1. Daftarkan akun WA bisnis kamu ke Whatsapp Business Solution Provider.
  2. Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager kamu.
  3. Daftarkan nomor dan nama display yang diinginkan.
  4. Pihak BSP akan mendaftarkan akun kamu menjadi offical Whatsapp Business Verified.
  5. Setelah itu, kamu akan mendapatkan Verified atau centang hijau.

Nah adapaun syarat untuk mendapatkan verified atau centang hijau dari Whatsapp Business adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis yang dimiliki merupakan CV, PT atau Yayasan.
  2. Memiliki ID Facebook Business Manager.
  3. Memiliki website resmi untuk bisnis dan perusahaan .
  4. Bisnis sudah populer dan terkenal di publik.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai Whatsapp Business beserta fitur, manfaat, kelebihan, cara menggunakan dan bagaiamana cara mendapatkan centang hijau di WA Bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan informasi ini. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *