Ini Dia Amalan 1 Muharam Amalan Malam Tahun Baru Islam Beserta Doanya

By | July 29, 2022

Iconewsmedia.com Ini dia amalan 1 Muharram amalan malam tahun baru islam beserta doanya yang perlu kita ketahui. Untuk itu, simak ulasannya hingga akhir artikel.

Sebagai umat manusia kita diperintahkan untuk taat pada aturan yang ada. Dan Rasulullah sebagai nabi akhir mengajarkan banyak amalan dan sunah kepada umatnya untuk mendapatkan pahala yang lebih.

Salah satu amalan yaitu amalan pada bulan Muharram yang mana bulan ini merupakan bulan pertama yang ada pada kalender Hijriah yang dimuliakan oleh Allah.

Amalan sunah bulan muharram merupakan perbuatan atau kebiasaan baik yang akan mendapatkan bahala apabila di laksanakan, dan tidak menjadi dosa jika tidak dilakukan.

Agar mendapatkan pahala yang sangat besar ganjarannya kita perlu menambah pahala kita dengan melaksanakan sunah – sunah di ajarkan, salah satunya amalan 1 muharram dan juga amalan tahun baru islam.

Amalan 1 Muharram dan Amalan Tahun Baru Islam Hijriyah

Keutaman amalan bulan muharram ialah untuk menyempurnakan ibadah umat muslim. Syekh Abdul Hamid menuangakn 12 amalan dibulan Muharram sesuai sunnah kedalam Nadham.

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: “Ada sepuluh amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al-Ikhlas 1.000 kali.”

Adapun 12 amalan yang dapat dilakukan dibulan Muharam yang berhasil admin kutip dari CNN yang melansir dari situ resmi Nahdlatul Ulama (NU), antara lain.

  1. Menunaikan sholat wajib dan sholat sunah.
  2. Puasa sunah bulan muharram (puasa Tasua pada 9 hari pertama atau 9 Muharram, puasa Asyura pada 10 hari pertama atau 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh pada 13-15 hari pertama atau 13-15 Muharram).
  3. Silaturhami.
  4. Bersedekah.
  5. Mandi.
  6. Memakai celak mata.
  7. Berziarah.
  8. Menjenguk orang sakit.
  9. Menambah nafkah keluarga.
  10. Memotong kuku.
  11. Mengusap anak yatim dan menyantuninya.
  12. Membaca surat Al-Ikhlas 1000 kali.

Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah Beserta Teks dan Artinya

Selain dengan melakukan amalan sunah di bulan muharam, kita juga dapat memanjakan doa – doa. Diantara doa tersebut ialah doa akhir tahun dan awal tahun Hijriah.

Nah dibawah ini telah admin rangkum beberapa doa beserta teks dan artinya yang berhasil admin kutip dari berbagai sumber.

Doa Awal Tahun Hijriyah

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Doa Akhir Tahun Hijriyah

للّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihi sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Baca Juga: Doa Asyura, Doa Penghidup Hati di Tanggal 10 Muharram 1444 H Lengkap dengan Keutamaan dan Artinya

Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhoi di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah”.

Nah itulah beberapa amalan sunnah dibulan Muharram dan doa awal/ akhir tahun Hijriah beserta teks dan artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih telah berkunjung.

Sumber: Berbagai Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.