Kominfo Dan Kemendagri Bantah Data SIM Card Bocor

By | September 2, 2022

Tanggapan Kominfo soal Data SIM Card Bocor

Terkait dengan hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah memberikan pernyataannya.

Dalam keterangan pers yang dimuat di laman resminya, ada tiga pernyataan yang disampaikan oleh Kominfo.

Disampaikan, pihak Kominfo telah melakukan penelusuan internal terkait kasus ini. Pihaknya menyebut, data yang bocor tersebut bukan berasal dari Kementerian Kominfo.

Untuk lebih lanjut, penelusuran lanjutan saat ini sedang dilakukan oleh Kominfo guna mengungkap dugaan kebocoran data ini.

Berikut tiga poin pernyataan Kominfo:

1. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan penelusuran internal. Dari penelusuran tersebut, dapat di ketahui bahwa Kementerian Kominfo tidak memiliki aplikasi untuk menampung data registrasi prabayar dan pascabayar.

2. Berdasarkan pengamatan atas penggalan data yang disebarkan oleh akun Bjorka, dapat di simpulkan bahwa data tersebut tidak berasal dari Kementerian Kominfo.

3. Kementerian Kominfo sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait sumber data dan hal-hal lain terkait dengan dugaan kebocoran data tersebut.

Tanggapan Dari Pihak Kemendagri Tentang Kabar Kebocoran Data

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga turut buka suara terkait dengan kabar dugaan kebocoran data di dunia maya ini.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh juga membantah kebocoran data ini berasal dari kementeriannya.

Berdasarkan pencermatan struktur datanya, kata Zudan, data yang dimiliki oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri berbeda dengan yang terdapat pada https://breached.to.

“Dari pengamatan pada sistem milik Ditjen Dukcapil, tidak di temukan adanya Log akses, Traffic, dan akses anomali yang mencurigakan,” kata Dirjen Zudan dalam pernyataan resmi, Jumat (2/9/2022).

Beliau pun menyimpulkan bahwa data tersebut bukan berasal dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Pihaknya saat ini juga melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh Kominfo, yakni melakukan penelusuran lebih lanjut.

“Ditjen Dukcapil Kemendagri akan menelusuri lebih lanjut terkait dengan berita adanya dugaan kebocoran data registrasi pengguna SIM prabayar,” Tutur Zudan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *