Meme Viral Stupa Borobudur Berbuntut Panjang

By | June 18, 2022

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Akhir-akhir ini meme stupa candi borobudur yang mirip dengan Pak Jokowi kini akhirnya berbuntut cukup panjang.

Lantas bagaimana reaksi Roy Suryo dengan masalah ini. Sebagai pakar telematika, lantas apakah Roy Suryo sudah memahami konsekuensi UU ITE atas postingan meme stupa Borobudur itu.

Roy Suryo awalnya menjelaskan me-retweet meme tersebut pada hari Jumat (10/6) lalu. Mumpung weekend, Roy Suryo tidak memposting hal yang berat-berat di akun Twitternya itu.

Meme Viral Stupa Borobudur Berbuntut Panjang

“Makanya seminggu yang lalu persis, itu kan saya awali dengan kalimat ‘mumpung ini weekend kita yang ringan saja’,” katanya.

“Yang ringan itu artinya, dipikirkan dengan ringan, nggak usah dipikir terlalu berat,” menurut penuturan Roy Suryo.

Menurut Roy Suryo, meme yang ia posting adalah hal yang ringan saja. Ia pun beralasan tidak melakukan pengeditan atas gambar meme stupa Candi Borobudur itu.

“Yang saya sampaikan kan ringan, tentang meme. Yang saya posting itu tidak saya edit sedikit pun. Orangnya saya tampilkan utuh, namanya juga ada,” katanya.

Roy Suryo lantas mengibaratkan, jika dia di polisikan karena hal tersebut, artinya semua orang yang melakukan tindakan serupa juga harus di polisikan.

“Jadi ibaratnya seperti orang mem-forward. Kalau itu terjadi, berarti semua orang yang melakukan forward terhadap gambar itu harus di laporkan semua,” katanya.

“Termasuk orang-orang yang mengomentari akun saya dan me-reply akun saya yang ada stupa itu, kan otomatis juga harus dilaporkan semua,” ujar Roy menimpali.

Namun belakangan, ia menyadari postingannya itu telah menimbulkan kegaduhan. Sebagai bentuk tanggung jawab, ia pun menghapus postingannya itu.

Ia menekankan menghapus postingan bukan karena berati bersalah, tetapi karena tanggung jawabnya.

“Makanya, untuk mempertanggungjawabkan itu, saya men-take down. Kalau orang bilang take down itu bukti salah, itu bukan bukti salah, itu bukti pertanggungjawaban saya,” kata dia.

Meme Stupa Borobudu dan Potensi Hukum

Terkait potensi ancaman hukum, Roy menyebut hal tersebut tergantung pandangan dari pakar hukum terkait postingannya.

Dia menyebut kasus yang menimpa dia bisa dijadikan pembelajaran agar nantinya tidak ada salah kaprah dalam penerapan UU ITE.

“Ini makanya tergantung bagaimana sikap kemudian pandangan para ahli hukum juga. Sekarang tergantung mau di arahkan ke mana,” ujarnya.

“UU ITE dulu kan termasuk saya yang membuat, termasuk yang memberikan saran, termasuk ikut merevisi. Kenapa ikut merevisi, karena ada banyak salah kaprah,” katanya.

“Orang yang hanya mem-forward saja bisa di pidana. Kemudian setelah di pidana orang tidak mencari pembuat awalnya,” kata dia.

“Ini akan menjadi contoh kalau ini nantinya ada hal hal semacam ini orang tidak akan lagi. Jadi ada meme ada orang yang mem-forward,” tuturnya.

“Orang itu yang kena, orang yang sekadar mem-forward tanpa ada apa-apa dia kena. Padahal kan dia mungkin dia juga nggak ngerti apa-apa,” pungkasnya.

Sebagai data tambahan, belakangan ini sedang heboh meme stupa candi borobudur mirip presiden Indonesia Joko Widodo.

Dharmapala Nusantara berencana melaporkan Roy Suryo atas postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Jokowi.

Menurut Dharmapala Nusantara, beliau menilai bahwasannya postingan Roy Suryo itu sudah melecehkan agama lain.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.