Memperingati Hari Santri: Sejarah Hari Santri Nasional dan Resolusi Jihad

By | October 17, 2023

Iconewsmedia.com – Memperingati hari santri: sejarah hari santri nasional dan resolusi jihad. Sudah 8 tahun dari ditetapkannya hari santri nasional, tidak luput dari semangat juang masyarakat pesantren dalam mengusulkan untuk menetapkan peringatan hari santri.

Peringatan hari santri nasional diteken dan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015. Yang artinya pada 22 Oktober 2023 mendatang, 8 tahun sudah hari santri ini diperingati oleh masyarakat santri Indonesia.

Berdasarkan situs resmi NU (Nahdlatul Utama) yang berhasil Mico kutip, Hari Santri Nasional ini berawal dari usulan masyarakat pesantren yang menganggap peringatan tersebut sebagai ajang mengingat, mengenang, dan juga meneladani para santri terdahulu yang sudah ikut serta berjuang memerdekakan Indonesia.

Dan dari usulan tersebut, Presiden Joko Widodo menetepakan Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober dengan menandatangani Keputusan Presiden atau KEPPRES Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015, tentang Hari Santri.

Hari Santri: Sejarah Hari Santri Nasional dan Resolusi Jihad

Penetepan peringatan Hari Santri ini tak luput dari banyaknya sejarah yang sudah tercipta, dan diantaranya yaitu sebuah Resolusi Jihad yang terjadi pada saat para penjajah menindas Indonesia.

Adapun sejarah dari diwujudkannya peringatan tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor. Adapun faktor – faktor yang menjadi pertimbangan disahkannya hari santri yang diatur dalam Keppres Hari Santri antara lain:

Keppres Hari Santri Nasional

Ada 3 pertimbangan yang menjadi dasar Keputusan Presiden dalam mewujudkan Hari Santri, diantaranya adalah berikut dibawah ini.

  1. Kontribusi ulama dan santri dalam mewujdukan kemerdekaan Indonesia.
  2. Sebagai pengingat peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Seruan resolusi jihad yang digencarkan oleh para santri dan ulama pondok pesantren agar umat islam di nusantara diminta untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan NKRI pada 22 Oktober 1945.

Nah itulah 3 pertimbangan disahkannya peringatan Hari Santri Nasional. Peringatan ini awalnya di usulkan oleh pondok pesantren Babussalam, Desa Banjarejo, Malang pada saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo saat ia masih menjadi Capres pada 27 Juni 2014.

Jokowi pun menyetujuinya dan menetapkan tanggal 1 Muharram sebagai hari santri. Namun PBNU Mengusulkan agar peringatan Hari Santri ditetapkan pada tanggal 22 Oktober.

Resolusi Jihad

Fatwa resolusi Jihad didasarkan pada peristiwa yang terjadi pada tanggal 22 Oktober dimana Indonesia kembali diserang sekutu. Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari yang saat ini dikenal sebagai pendiri NU, mengeluarkan fatwa resolusi jihad.

Ada 3 poin penting yang menjadi fatwa resolusi jihad, antara lain:

  • Hukum memerangi orang kafir yang merebut kemerdekaan Indonesia adalah fardhu ain bagi setiap umat muslim yang mungkin meskipun bagi orang kafir.
  • Hukum orang yang tewas dalam peperangan melawan musuh dan sekutunya adalah mati syahid.
  • Hukum untuk orang yang memecah persatuan NKRI wajib dibunuh.

Peristiwa itulah yang menjadikan pemilihan tanggal 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional. Dan jika ada yang bertanya kapan hari santri? maka jawabanya yang sudah disebutkan diatas.

10 Kata – Kata Motivasi Hari Santri Nasional

Untuk memperingati hari Santri Nasional, ada beberapa kegiatan maupun ucapan yang dapat dilakukan. Seperti halnya yang akan dicanangkan oleh PBNU yaitu membacakan 1 milyar shalawat nariyah pada tanggal 22 oktober 2023 nanti.

Selain mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh para ulama maupun pemerintah, kita juga dapat memberikan ucapan – ucapan selamat ataupun motivasi kepada teman maupun orang lain.

Nah berikut ini 10 kata motivasi untuk Hari Santri Nasional yang dapat di ucapkan secara langsung ataupun membagikannya melalui media sosial.

  1. Selamat Hari Santri Nasional 2023! Semangat santri adalah cahaya yang terus menerangi jalan ilmu dan kebaikan.
  2. Di Hari Santri Nasional ini, mari kita rayakan dedikasi dan semangat santri dalam mengejar ilmu dan membangun karakter yang kuat.
  3. Kepada semua santri, selamat Hari Santri Nasional 2023! Teruslah berjuang dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa.
  4. Santri adalah harapan masa depan. Semoga Hari Santri Nasional ini menjadi awal yang lebih baik untuk kita semua.
  5. Hari Santri Nasional adalah momentum untuk menghargai peran penting santri dalam memperkuat keimanan dan kebangsaan.
  6. Selamat Hari Santri Nasional 2023! Santri adalah pilar utama pembangunan moral dan intelektual bangsa.
  7. Di Hari Santri Nasional, mari kita bersyukur atas peran santri dalam melestarikan nilai-nilai keagamaan dan kebhinekaan.
  8. Hari Santri Nasional adalah waktu yang tepat untuk merenungkan peran santri dalam mewarisi dan menjaga tradisi keilmuan dan agama.
  9. Santri adalah pejuang ilmu. Selamat Hari Santri Nasional, teruslah berjuang demi pengetahuan dan kebijaksanaan.
  10. Pada Hari Santri Nasional ini, mari kita dukung peran santri dalam memperkuat persatuan dan toleransi di tengah masyarakat yang beragam.

Banner Hari Santri Nasional 2023 Dalam Memperingati HSN

Selain dengan melakukan kegiatan seperti apa yang disebutkan diatas, kalian juga dapat membuat poster atau banner hari santri nasional 2023 untuk sekedar ditempel dirumah atau di perkampungan.

Pada peringatan Hari Santri Nasional 2023 ini, Kementrian Agama mengusulkan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Nah untuk membagikan tema tersebut, tentunya kalian harus memiliki logo yang bagus untuk dijadikan background ataupun gambar dari tulisan tersebut.

Namun jangan khawatir, karena Mico sudah menyiapkan beberapa link download banner yang dapat kamu gunakan, diantaranya sebagai berikut.

Link Logo
banner hari santri 2023 cdr
banner hari santri 2023 cdr 2

Kalian dapat mengklik link diatas untuk membuat logo, ataupun mencetak banner sesuai ukuran yang kalian inginkan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kali ini dalam membahas sejarah hari santri nasional dan resolusi jihad beserta kata kata motivasi yang dapat Mico bagikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih telah berkunjung.
Sumber: Berbagai sumber’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *