Mengenal Lebih Jauh Apa itu Bitcoin serta Cara Kerjanya

By | August 1, 2021

ICONEWSMEDIA.COMBila Anda seseorang yang sedang mempelajari dunia investasi atau tertarik dengan melakukan investasi maka Anda pastinya sering mendengar istilah bitcoin. Sebab istilah ini telah ada sejak beberapa tahun silam sebagai sebuah instrumen investasi yang memiliki potensial yang sangat baik dalam memaksimalkan yang namanya keuntungan dalam dunia investasi.

Apabila Anda ingin terjun di dunia perinvestasian maka sangat dianjurkan untuk Anda mempelajari berbagai hal tentang investasi terlebih dahulu sebab jika Anda langsung terjun begitu saja maka pastinya Anda akan merasa kebingungan dan merasa tidak tahu. Untuk itu simak dan bacalah artikel berikut ini mengenai bitcoin yang merupakan bagian dari investasi yang banyak dilakukan oleh investor karena mengaku meraih keuntungan yang banyak.

Pengertian Bitcoin

Sebagai permulaan dalam pembahasan ini sebenarnya apa itu bitcoin?Bitcoin merupakan sebuah mata uang baru yang bersifat elektronik yang telah hadir sejak tahun 2009, sebuah uang elektronik yang diciptakan untuk mempermudah para pelaku investasi. Bitcoin ini dapat Anda gunakan dalam berbagai transaksi di internet tanpa mengharuskan Anda untuk melakukan transfer ke bank ataupun tanpa adanya penggunaan jasa bank untuk setiap transaksi.

Untuk jenis investasi bitcoin ini sebenarnya memiliki sistem yang hampir sama dengan investasu peer to peer (P2P), namun sistem bekerjanya yang membedakannya sebab untuk bitcoin ini tidak menggunakan penyimanan atau administrator yakni pihak lain. Pada bitcoin ini bergerak dengan mata uang yang terdesntralisasi, artinya bersifat online yang Anda kelola sendiri tanpa harus menyimpannya kepada orang lain.

Berbagai perubahan dan perkembangan pada bitcoin telah banyak berubah dan berkembang dengan lebih baik untuk membantu setiap transaksi online yang Anda lakukan. Bitcoin ini sering di investasikan pada salah satu jenis yakni cryptocurrency yang saat ini juga terkenal sebagai jenis investasi yang memberikan keuntungan yang besar untuk para pelaku investasi, namun seperti jenis investasi lainnya yang mengalami naik turun harga.

Cara Kerja Bitcoin

Untuk Anda yang ingin menggunakan bitcoin maka Anda harus terlebih dahulu menginstall aplikasi wallet bitcoin pada ponsel yang Anda miliki. Setelah itu Anda harus masuk ke aplikasi wallet dan membuat akun sebaai jejak Anda dalam investasi jenis ini, Anda bisa menggunakan nama serta kode akun untuk melakukan pembayaran maupun melakukan pengiriman kepada orang lain.

Pada bitcoin ada yang namanya rantai blok yakni catatan transaksi publik yang telah dilakukan, setiap transaksi akan masuk ke rantai blok sehingga Anda bisa menghitung berapa dana yang telah Anda belanjakan dan berapa yang telah tersisa.

Dengan adanya teknologi blockchain ini, semua transaksi yang terjadi akan tercatat dan tidak akan ada yang bisa merubah. Hal ini memnbuat semua transaksi yang mengimplementasikan teknologi blockchain akan lebih transparan. Artinya semua aktivitas jaringan akan termonitor dengan jelas dengan bukti yang kuat.

Demikianlah informasi mengenai apa itu bitcoin yang sangat penting untuk Anda ketahui ketiika hendak terjun dalam dunia perinvestasian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *