Sejarah Dari April Mop Yang Menjadi Hari Prank Sedunia

By | April 1, 2022

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Hampir dari setiap tanggal yang ada di periode 1 tahun kalender saat ini memiliki maknanya masing-masing.

Tidak terkecuali di tanggal 1 April hari ini yang biasa diperingati sebagai April Mop atau yang biasa disebut April Fool’s Day.

April Mop dirayakan oleh masyarakat di banyak negara di dunia ini, terlebih khususnya seperti negara-negara barat.

Sejarah Dari April Mop Yang Menjadi Hari Prank Sedunia

Pada hari April Mop sendiri, orang-orang diizinkan untuk melakukan kebohongan, lelucon atau berbagai jenis prank lainnya.

Tujuannya agar si pelaku yang melakukan April Mop ini bisa mendapatkan sebuah rasa kesenangan dari kebohongan atau lelucon yang ia lakukan.

Di akhir hari, biasanya si pelaku bakal membuka kedoknya dengan berteriak keras dan bangga, “April Mop!” pada korbannya.

Tidak boleh ada rasa marah atau emosi negatif lainnya yang muncul ketika jadi korban tradisi April Mop ini, demikian kepercayaannya.

Sementara itu sama seperti hari raya lainnya, April Mop juga memiliki sebuah sejarah atau asal-usul mulanya April Mop.

Awal Mula April Mop

Sejarah Dari April Mop Yang Menjadi Hari Prank Sedunia
Sejarah Dari April Mop Yang Menjadi Hari Prank Sedunia

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa asal usul April Mop berawal di tahun 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Di dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke tanggal 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret. 

Hal ini kemudian menjadikan tanggal 1 April sebagai lelucon di kalangan masyarakat dan disebut Aprol Fool’s Day.

Prank yang kala itu dilakukan termasuk menempelkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai “poisson d’avril” (April fish).

Poisson d’avril bisa dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu oleh sesuatu hal.

Ada juga spekulasi bahwa April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara.

Ketika itu, keadaan cuaca alam mudah menipu orang-orang dengan cuaca yang berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi.

Sejarah April Mop Di Negara Lain

Perayaan April Mop kemudian menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18, termasuk di Skotlandia yang merayakan tradisi ini dengan acara dua hari.

Lelucon tersebut dimulai dengan “berburu gowk”, ketika orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh). 

Mereka ini akan diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan prank yang dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda “tendang saya”.

Sementara itu, April Mop juga memiliki keyakinannya tersediri termasuk di kalangan masyarakat Yunani saat itu.

Masyarakat Yunani percaya jika kita sukses membodohi orang lain di April Mop maka akan mendatangkan keberuntungan sepanjang tahun.

Dinegara tersebut, curah hujan pada tanggal 1 April dikatakan memiliki kemampuan penyembuhan sehingga prank selalu dilakukan, bukan hanya demi kesenangan.

Bagi sebagian orang penyuka lelucon, Hari April Mop adalah momen yang sangat amat dinantikan oleh mereka.

Namun ada yang tidak menyukainya karena harus terus khawatir atau curiga bakalan menjadi korban ulah keisengan orang lain.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *