Sederet fungsi NFC pada smartphone yang jarang diketahui banyak orang

By | August 14, 2021

ICONEWSMEDIA.COM – NFC atau Near Field Communication kini sudah banyak terdapat di beberapa smartphone. NFC ini memiliki fungsi yang memungkinkan smartphone kamu bisa berinteraksi dengan alat elektronik lain dan saling bertukar data. NFC tidak begantung pada sambungan wifi, LTE, sehingga tidak perlu khawatir jika tidak ada sinyal. NFC memiliki beberapa kegunaan yang bisa membantu kamu agar dapat lebih mudah dan praktis melakukan beberapa transaksi. Berikut ini kegunaan fitur NFC pada Android.

Dapat Mudah Terhubung dengan Wifi

Sekarang ini banyak tempat yang menyediakan fasilitas wifi. Biasanya jika kamu berada di suatu tempat yang terdapat wifi dan kamu ingin menghubungkannya kamu harus memasukkan kata sandi. Tetapi jika kamu memiliki fitur NFC kamu bisa langsung terhubung dengan koneksi wifi dengan menempelkan smartphone yang kamu punya.

Dibutuhkan settingan khusus ketika kamu baru saja terhubung wifi untuk pertama kalinya. Tetapi, untuk metode penghubungan wifi yang selanjutnya akan lebih mudah dengan fitur NFC ini.

Transfer Data ke Komputer

Selain produk smarthphone yang sudah banyak dilengkapi dengan fitur NFC kini beberapa produk Laptop atau komputer juga ada yang memiliki fitur NFC. Dengan begitu jika android kamu ber-NFC kamu bisa transfer data ke laptop tanpa harus menggunakan kabel USB atau menyalakan Bluetooth.

NFC akan secara otomatis mengkonfigurasi koneksi udara dengan perangkat laptop atau pc. Dengan begitu, anda akan lebih mudah ketika melakukan copy paste file atau dokumen dari smartphone ke PC atau sebaliknya.

Memudahkan Aktivitas Pembayaran

Jika smartphone atau android kamu memiliki fitur NFC maka kamu bisa memasukkan data kartu kredit atau debit yang kamu miliki ke smartphone kamu. Sehingga kamu bisa lebih mudah dan cepat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan kartu tetapi cukup dengan smartphone.

Caranya cukup dengan menempelkan bagian belakang smartphone dengan kartu kredit yang kamu punya. Nanti, akan muncul layar untuk mengakses kartu kredit mu secara detail.

Mentransfer Data ke Sesama Android

Seperti transfer data dari smartphone pada Laptop, dengan fitur NFC kamu juga bisa berbagi atau mentransfer data ke sesama Android yang memiliki fitur NFC dengan menempelkan bagian belakang sehingga bisa lebih mudah dan praktis.

NFC Tag

NFC tag adalah tag yang bentuknya kecil yang berisi alamat website. Kamu tidak perlu mendownload sebuah apkikasi lain untuk scan QR Code karena kamu hanya perlu menempelkan smartphone kamu ke tag tersebut.

Membuka Pintu dengan Sistem Kartu

Jika kantor atau tempat kerja kamu menggunakan sistem kartu maka jika android atau smartphone kamu memiliki fitur NFC kamu bjsa membuka pintu itu tanpa harus menggunakan kartu karena datanya dalat disimpan dalam NFC.

Sangat futuristik bukan, membuka pintu terkunci dengan smartphone.

Mengirim Nomor Telefon

Seperti saat mengirim sebuah kontak atau nomor telefon pada whatsapp kamu juga bisa saling mengirim nomor telefon dengan mendekatkan kedua android jika kedua android tersebut sama sama memiliki fitur NFC.

Menandai Lokasi

NFC ini merupakan fitur yang sudah mendukung fitur tag sebuah lokasi yaitu Location Based Service. Dengan NFC ini kamu dapat menandai sebuah lokasi tertentu dengan cara menempelkan NFC tag. Selain itu kamu juga bisa memungkinkan kamu untuk melakukan check in atau check out dari suatu tempat yang sudah menggunakan NFC juga.

Itulah fitur-fitur yang bisa kamu nikmati ketika smartphone mendukung fitur NFC. Apabila fitur-fitur diatas tidak begitu penting untuk kamu, tidak ada salahnya jika kamu tidak memiliki smartphone dengan fitur NFC. Karena ini bukanlah sebuah kewajiban teknologi yang harus dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *