Thursday, January 18, 2018

Apa itu Altcoin?

Apa itu Altcoin? Apa itu Cryptocurrency? Apa itu Bitcoin? Apa itu profit?

Bulan Januari 2009 yang silam Satoshi Nakamoto meluncurkan Bitcoin, dan kurang lebih dua tahun berikutnya akhirnya muncul sebuah cryptocurrency alternatif yang bernama Namecoin. Lalu apa itu altcoin? Nah, berawal dari sinilah kemudian altcoin atau cryptocurrency alternatif mulai bermunculan ke permukaan. Cryptocurrency alternatif ini kemudian meledak pada tahun 2013. Hanya saja, sekalipun mulai populer namun banyak juga Altcoin yang gulung tikar dan tak mampu bertahan.

Terjadinya kegagalan cryptocurrency alternatif tersebut dikarenakan sangat minim adopter, minat penambang terhadap Altcoin tersebut sangat rendah, maka bisa dipastikan Altcoin tersebut akan tumbang. Jadi pada saat cryptocurrency alternatif tersebut diluncurkan untuk pertama kalinya, dan kemudian developer pun mulai merilis source code, hanya saja pertumbuhan adopsi dari penambangnya sangat rendah, maka ujungnya adalah kegagalan dari cryptocurrency alternatif tersebut.

Sebenarnya sebelum Bitcoin sudah ada mata uang digital, hanya saja tak bisa digolongkan Altcoin karena Altcoin ini konsepnya mirip dengan Bitcoin, bahkan ada juga yang terang-terangan melakukan forking kode Bitcoin untuk membangun Altcoin baru. Jadi apa itu altcoin? Yakni mata uang digital alternatif yang muncul sejak awal era Bitcoin. Dengan adanya Altcoin ini kemudian khusus dikategorikan untuk cryptocurrency yang meluncur ke pasaran setelah Bitcoin terkenal.


Awalnya Altcoin muncul setelah mengembangkan dan memodifikasi source code Bitcoin yang open source sifatnya, sehingga banyak masyarakat yang bisa mengaksesnya dengan mudah (walau tak bisa ikut campur dengan aktifitas yang ada di dalamnya sama sekali). Kemudian setelah berhasil memodifikasi sistemnya, maka saat tiba waktu untuk peluncuran cryptocurrency baru tersebut ternyata memiliki sistem yang juga sama seperti Bitcoin, yakni diawali dengan Block Genesis. Sepintas terdengar mudah tapi pada kenyataannya Altcoin tidak semudah itu diciptakan, karena banyak hal yang harus diperhatikan saat proses peluncuran Altcoin baru dan juga hal lainnya yang akan terjadi setelahnya. Apa itu Altcoin hanya bisa dipahami dan dimengerti betul oleh penambang yang sudah lebih dulu bersinggungan dengan Bitcoin. 

Kini sudah banyak sekali altcoin bermunculan karena banyaknya platform yang mengadakan acara ICO (Initial Coin Offering) untuk mendanai sebuah project. ICO bisa diibaratkan seperti acara penggalangan dana dengan cara menjual koin baru yang mana , koin tersebut akan memiliki kegunaan tertentu sesuai yang dijanjikan dari platform yang mengadakan ICO. Dengan begitu, sebuah acara ICO akan melahirkan satu jenis altcoin baru di pasaran.