Cara membuat blog di WordPress bagi pemula

Cara membuat blog di wordpress

Di zaman yang serba digital ini, cara membuat blog semakin mudah dan bahkan ada platform yang menyediakan tempat bagi kita untuk menulis dan mengupload konten tanpa perlu memikirkan hosting penyimpanan. Tulisan di media, akan menjadi sebuah ungkapan perasaan penulis yang ingin dicurahkan kepada orang lain, hal ini bisa berupa sesuatu yang bermanfaat atau juga bisa sesuatu yang menyangkut perasaan pribadi.

Ada beberapa tipe Blog yang sangat populer di internet, seperti blog tutorial, blog kesehatan, lifestyle, elektronik, mobile device, komputer, pertanian, pelajaran, dan masih banyak lagi. Informasi-informasi ini tentunya sangat berharga bagi masyarakat yang membutuhkan pengetahuan lebih banyak lagi.

WordPress adalah sebuah platform yang paling sering digunakan oleh internet marketer dalam membuat blog dan website. Ada dua tipe WordPress untuk sekarang ini, yaitu WordPress.com yang merupakan versi gratis dan ada juga WordPress.org yang merupakan versi advance dengan fitur yang lebih banyak.

Cara membuat blog di WordPress.com

Ini adalah WordPress versi gratis, tetapi fitur-fitur yang disediakan pada WordPress versi ini adalah terbatas untuk sekedar menulis dan menyisipkan gambar. Walaupun demikian, jika kualitas konten yang kalian tulis sangat bagus, maka kemungkinan blog kalian memiliki visitor yang besar setiap harinya.

Untuk membuat blog di WordPress.com gratis adalah sebagai berikut :

  1. Kunjungi Link ini
  2. Lakukan registrasi dengan cara klik “Mendaftar” di pojok kanan atas
  3. Masukkan email , kemudian lakukan proses pendaftaran seperti biasa
  4. Setelah berhasil masuk , kalian harus membuat blog terlebih dahulu. Secara otomatis situs web kalian akan memiliki sub domain wordpress.com
  5. Buat postingan blog pertama kamu di menu post, lalu tuliskan naskah yang ingin kamu tulis
  6. Lalu kamu bisa publish sekarang untuk menguploadnya agar bisa dibaca secara umum oleh orang lain di dunia ini.
Baca Juga :   Rekomendasi Menu Sahur Yang Sehat dan Tidak Bikin Dehedrasi

Perlu diingat bahwa fitur yang diberikan oleh WordPress gratis sangat terbatas dan sebaiknya tidak digunakan jika kalian ingin mendapatkan berbagai layanan kustom yang dibutuhkan.

Website-website besar yang sukses di dunia Internet Marketing , mayoritas dari mereka adalah menggunakan WordPress self hosting, yang artinya kalian harus mengeluarkan biaya untuk menyewa server tempat untuk menyimpan data-data website kalian. Data-data tersebut nantinya yang akan ditampilkan pada layar monitor pengunjung kalian yang berupa tulisan, tema, gambar, video, suara, dan lain sebagainya.

Cara membuat blog WordPress self hosting

Seperti yang saya jelaskan di paragraf atas, bahwa kalian harus memiliki sebuah server yang bisa digunakan untuk menyimpan media dan data website. Perangkat ini sangat banyak jenisnya, mulai dari shared hosting, VPS dan Cloud hosting. Bukan hanya itu, kalian juga harus menyiapkan domain untuk memudahkan pengunjung kalian dalam membaca alamat website kalian. Biaya termurah untuk menggunakan layanan WordPress self hosting adalah mulai dari 20ribu per bulan.

  1. Pertama-tama kalian bisa sewa hosting terlebih dahulu , banyak kok penyedia hosting dari Indonesia : RumahWeb, Domainesia, Jagoanhosting, Niagahoster, dll
  2. Sesuaikan anggaran berlangganan server sesuai dengan kemampuan, ga perlu server yang besar untuk memulai sesuatu yang baru.
  3. Setelah order selesai, lanjut install WordPress sebagai CMS di server kalian
  4. Lalu kalian login dengan username dan password yang diberikan
  5. Dan buatlah postingan baru pada menu post
  6. Happy blogging

Di wordpress versi yang ini, kalian bisa sesuka hati menginstall plugin-plugin yang kalian butuhkan seperti Yoast SEO, akismet, blok editor, dsb. Dengan adanya fitur ini, tentu saja kualitas postingan kalian akan jadi lebih bagus dan lebih nyaman di pahami oleh pengunjung. Tentu saja ini akan berdampak pada meningkatnya rasa suka netizen terhadap blog kalian.

Baca Juga :   Begini Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Bitcoin Untuk Pemula

Akhir kata

Begitulah cara membuat blog di WordPress. Mari kita besama-sama menulis sesuatu yang bermanfaat untuk di konsumsi rakyat Indonesia. Kita harus tetap mengedepankan fakta, agar tulisan-tulisan yang kita buat lebih mantap ketika di baca oleh semua orang. Terimakasih sudah mau membaca artikel ini hingga akhir.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *