5 Cara Menghindari Investasi Bodong dari OJK

5 Cara Menghindari Investasi Bodong dari OJK

ICONEWSMEDIA.COMInvestasi merupakan kegiatan menanam modal berupa uang maupun aset berharga lain pada suatu lembaga. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan rentan waktu tertentu.

Dijaman yang serba modern seperti saat ini, proses investasi ini pun sudah bisa Anda lakukan melalui smartphone. Namun, Anda pun tetap harus berhati-hati dalam melakukan proses investasi ini, mengingat masih banyak investasi bodong yang bisa merugikan Anda.

Investasi bodong ini merupakan suatu investasi yang dilakukan dengan metode penanaman modal. Jenis penanaman modal yang sering dilakukan biasanya dalam bentuk produk, baik berupa keuangan maupun bisnis palsu, sehingga calon investor pun diminta untuk menanamkan modal pada produk yang sebenarnya tidak ada.

Banyak sekali jenis investasi bodong yang bisa Anda jumpai ditengah masyarakat. Salah satunya adalah berupa investasi emas palsu. Dimana para pelaku ini akan menawarkan keuntungan yang cukup besar dengan syarat harus menanamkan modal investasi terlebih dahulu. Nah, modal investasi inilah yang nantinya akan ditukarkan dengan emas.

Bahkan, para pelaku ini akan menjual emas tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara menghidari investasi bodongdengan melakukan investasi di tempat yang sudah terbukti berpengalaman di bidangnya, dan terpercaya tentunya.

Maka dari itu, sangat perlu memilih dan memilah lagi ketika Anda ingin berinvestasi. Jangan hany berinvestasi karena tergiur akan keuntungan yang besar dalam waktu singkat saja.

Cara untuk Menghindari Investasi Bodong dari OJK

Menurut Satuan Waspada Investasi OJK sendiri sudah memberikan beberapa cara menghidari investasi bodong.

Pertama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu detail profil dari investasinya. Dimana setiap orang pastinya akan memiliki perbedaan atas tujuan investasi dan jangka waktu yang diambil. Mengumpulkan fakta dan juga sistem investasi sangat penting disini, karena sangat berhubungan dengan potensi penghasilan dan juga untuk menimbang resiko.

Keduanya, silahkan Anda pilih dan pilah terlebih dahulu manakah produk investasi yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berinvestasi sesuai kebutuhan sudah cukup untuk mendatangkan profit yang bisa menghidupi anda dan keluarga.

Setelah itu, silahkan Anda perhatikan dan pastikan dengan benar perihal legalitas dari jasa investasi tersebut apakah memang sudah sesuai dengan bidang usahanya atau tidak. Selanjutnya, pahami terlebih dahulu terkait dengan regulatornya. Dimana hal ini akan sangat bermanfaat untuk Anda bisa mempersiapkan diri jika suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah membaca dengan seksama setiap syarat dan ketentuan atas produk yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa investasi tersebut. Jangan lupa untuk Anda memahami hak dan kewajiban Anda sebagai seorang investor, manfaat Anda berinvestasi dalam jasa tersebut, pahami juga cost and risk yang berkaitan langsung denga produk investasinya.

Dan inilah beberapa cara menghidari investasi bodongyang bisa Anda terapkan jika memang ingin berinvestasi. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menjauhkan Anda dari resiko terjerat investasi bodong.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.