5 Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula Seperti Anda

5 Cara Mudah Investasi Saham untuk Pemula Seperti Anda

ICONEWSMEDIA.COMMenjadi mapan dan stabil secara finansial tentunya menjadi impian dari banyak orang. Selain dengan bekerja keras, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencapai mimpi tersebut, yakni dengan cara investasi saham.

Sayangnya, banyak sekali orang yang masih takut untuk mulai mencoba berinvestasi. Padahal, dengan investasi saham ini maka Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif yang tentu saja akan menunjang keuangan Anda.

Cara Investasi Saham

Bagi Anda yang masih awam dan tergolong pemula dalam dunia saham, maka silahkan simak penjelasan berikut ini tentang bagaimana cara mudah investasi saham untuk pemula seperti Anda.

Pilih Sekuritas Bernilai Kecil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka rekening efek yang sudah difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelah Anda membuka rekening, silahkan lakukan top-up dana ke rekening efek. Nah, setiap transaksi pihak perusahaan akan memungut biaya transaksi yang pada umumnya sebesar 0,19 persen untuk pembelian, dan 0,29 persen untuk penjualan.

Agar keuntungan Anda semakin besar, maka pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki biaya transaksi terkecil. Namun, biaya ini akan ditentukan dari kualitas peayanan dan aplikasi perusahaannya. Jadi, sebaiknya Anda pilih biaya transaksi yang paling sesuai dengan keuangan Anda.

Pilih Saham dari Perbankan

Cara mudah investasi saham berikutnya adalah dengan memilih saham dari perbankan. Hal ini dikarenakan saham perbanan merupakan perusahaan yang berjalan dengan bisnis sederhana dan dianggap bisa memberikan keuntungan yang signifikan setiap tahunnya. Jadi, harga sahamnya pun akan lebih sering naik dan cenderung stabil.

Beli Saham di BEI

Sebelum membeli sebuah saham, pastikan terlebih dahulu bahwa saham tersebut sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Iindonesia sendiri merupakan pihak yang menyelenggarakan sekaligus menyediakan system maupun sarana untuk menampung semua penawaran jual beli efek yang berasal dari pihak lain.

Tujuannya darri BEI ini adalah untuk memperdagangkan efek tersebut. Selain itu, Bursa Efek Indonesia ini juga menampilkan detail profil dari anggota bursa, para partisipan, maupun dealer utama di situs web resminya sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi.

Beli Saham Saat Harga Turun

Sebaiknya, Anda membeli saham ketika harganya sedang turun. Dengan begitu, maka Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dimana ketika Anda membeli saham waktu harganya turun, maka Anda bisa menjualnya kembali ketika harganya naik. Namun, perlu diperhatikan lagi untuk tidak langsung membeli saham hanya karena nilainya sedang turun, ya!

Pilih Investasi dengan Jangka Panjang

Cara investasi saham bagi pemula yang terakhir adalah dengan memilih jenis investasi berjangka panjang. Pada umumnya, investasi saham dengan jangka panjang akan jauh lebih menguntungkan. Selain itu, memilih investasi jangka panjang ini juga bisa meminimalkan resiko, terlebih jika Anda bisa memilih perusahaan dengan tepat.

Inilah 5 cara mudah investasi sahambagi pemula yang bisa Anda coba. Jika memang Anda sudah mulai tertarik untuk memulai investasi saham, maka Anda bisa mencoba reksadana terlebih dahulu. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan selamat berinvestasi!

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.