Beberapa Tips Ampuh Hindari Kejahatan Begal Rekening Atau Scamming

Beberapa Tips Ampuh Hindari Kejahatan Begal Rekening Atau Scamming

Iconewsmedia.com – Halo ketemu lagi sama admin nih yang bakalan ngasih informasi-informasi terbaru yang pastinya sayang banget untuk kalian lewatin nih.

Begal Rekening belakangan ini semakin marak terjadi membuat seluruh nasabah perbankkan di seluruh Indonesia menjadi khawatir.

Begal rekening adalah modus penipuan baru dimana pelaku menyamar seorang menjadi pihak resmi jasa keuangan dan e-commerce untuk menjebak korbannya.

Korban yang ditarget akan dibuat percaya untuk memberikan data pribadi sehingga para pelaku memiliki celah untuk menguras isi uang dalam rekening korban.

Beberapa Tips Ampuh Hindari Kejahatan Begal Rekening Atau Scamming

Kejahatan begal rekening ini kerap juga di sebut soceng atau social engineering. Saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan peringatan agar masyarakat tak mudah terjebak begal rekening.

Mengutip dari unggahan Instagram Otoritas Jasa Keuangan (OJK) @ojkindonesia, data-data yang jadi incara para pelaku sebagai berikut:

Pelaku kejahatan soceng biasanya terkait username, password, nomor kartu kredit atau debit, kode PIN ATM, dan kode OTP. Kemudian rekening akan di begal dalam waktu kurang dari lima menit.

Untuk itu, masyarakat di minta waspada jika ada oknum-oknum asing yang menghubungi kemudian meminta data-data pribadi tersebut.

Beberapa modus yang bisa di waspadai terkait begal rekening ini adalah adanya informasi aneh mengenai perubahan tarif transfer pada bank tertentu.

Kemudian penelpon yang mengaku sebagai pegawai resmi bank akan meminta data-data pribadi terkait ATM. Modus lainnya adalah tawaran menjadi nasabah prioritas tanpa alasan yang jelas.

Apalagi jika jumlah tabungan kalian di bank tertentu tidak terlalu besar. Modus lainnya yang patut di waspadai adalah nasabah yang di hubungi bank lewat media sosial palsu.

Pastikan akun media sosial yang menghubungimu adalah akun asli. Jika perlu lakukan konfirmasi langsung terhadap pihak bank.

Tips Hindari Kejahatan Begal Rekening

Beberapa Tips Ampuh Hindari Kejahatan Begal Rekening Atau Scamming
Beberapa Tips Ampuh Hindari Kejahatan Begal Rekening Atau Scamming

Berikut ini adalah beberapa tips yang admin sarankan untuk menghindari begal rekening yang bisa diterapkan untuk mengamankan uang kalian.

1.Hati-Hati Memberikan Data Pribadi

Pencurian data pribadi marak terjadi dimulai dari internet. Untuk itu, hati-hati dalam memberikan data pribadi untuk menghindari kasus kejahatan rampok rekening.

Apalagi jika permintaan data pribadi datang dari website-website tidak di kenal atau nomor telepon asing. Jangan pernah sekalipun membagikan identitas pribadi seperti nomor PIN, kode OTP, atau salinan KTP.

2.Selalu Perbaharui Informasi

Kejahatan dengan modus membegal rekening merupakan hal yang cukup baru. Hal ini membuktikan bahwa jenis-jenis kejahatan terutama di dunia siber bisa terus berkembang.

Untuk itu, pastikan bekali diri dengan informasi agar tidak gegabah melakukan hal-hal yang justru membahayakan diri sendiri.

Pastikan juga kalian sudah membekali diri dengan pedoman keamanan data pribadi di setiap akun yang akan kalian gunakan.

3.Belanja di e-Commerce Terpercaya

Belanja online adalah aktivitas lumrah yang tidak bisa lagi di hindari. Agar data pribadimu tetap aman, lakukan transaksi di e-commerce terpercaya.

Pastikan situs belanja atau jual beli yang di akses memiliki legalitas dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4.Jangan Pernag Mengunggah Data Pribadi Ke Media Sosial

Proteksi pertama agar identitas tidak tersebar di internet adalah dengan tidak mengunggah hal-hal pribadi sembarangan. Misalnya dengan mengunggah foto KTP, KK, atau akta kelahiran.

Cek pula setiap unggahan kalian di setiap media sosial milik kalian apakah berpotensi menimbulkan pencurian data pribadi.

Jangan sampai kalian sudah berhati-hati dalam memberikan data pribadi kepada nomor tidak di kenal, namun tetap menyebarkannya di media sosial.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Erik

Leave a Reply

Your email address will not be published.